Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
NewsSulsel

Mengagumkan, Sepercik Surga dari Tanah Enrekang

26
×

Mengagumkan, Sepercik Surga dari Tanah Enrekang

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, ENREKANG –Pemandangan yang sangat luar biasa dan memanjakan mata tersaji di lahan perkebunan bawang di Desa Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan.

Diketahui, lampu ini merupakan alat yang dipakai para petani bawang untuk mengusir hama di malam hari. Menurut Yusran Rahman, salah satu tokoh pemuda di Desa Cakke saat diwawancarai oleh wartawan Mata Jurnalis News pada 13 November 2020, ini merupakan yang pertama kali dilakukan di tanah Enrekang dan Desa Cakke secara khusus dan mungkin oleh semua petani bawang di Sulawesi.

“Sebenarnya dulu, lampu penangkap ji semua na pake. Yang warna ungu itu, tapi itu tidak kelihatan karena cuma penangkap. Ini yang viral, pengusir hama,” tutur Yusran.

Tambahnya, walaupun lampu ini kena hujan tidak akan mengganggu pancaran cahaya yang dikeluarkan, sama seperti lampu di sepanjang jalan.

Dia juga menjelaskan bahwa, aliran listrik yang dipakai oleh lampu para petani berasal dari rumah-rumah kebun.

“Jadi hampir setiap rumah kebun ada kilometer listriknya, biasa juga di sana kita pakai karoke. Bisa dibilang lebih ramai di kebun dibanding di rumah,” kata dia.

Keindahan lampu di kebun bawang tidak hanya dinikmati oleh masyarakat setempat, tetapi juga oleh para pendatang. Baru-baru ini, tim MAPALA Universitas Muhammadiyah Makassar (UNM), kata Yusran mengadakan camping pas di dekat kebun bawang tersebut.

(Muhsin)