Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Pemkab Barru Siap Jadikan Barru Sebagai Pintu Gerbang Sulsel Ke IKN

5506
×

Pemkab Barru Siap Jadikan Barru Sebagai Pintu Gerbang Sulsel Ke IKN

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si mengikuti Focus Gruop Discussion (FGD) dan Buka Puasa Bersama para Bupati dan Walikota se-Sulsel di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Senin (01/04/2024).

Pada acara FGD yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama tersebut mengusung tema “Penguatan Simpul dan Wawasan Kebangsaan Pasca Pemilu Presiden dan Legislatif” dan dibuka oleh Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin M. Si dengan menghadirkan narasumber Ketua Komite Ekonomi Sulsel Dr. H. Tanri Abeng, MBA.

Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, menyampaikan bahwa dengan terbentuknya IKN maka kita semua harus merubah pola fikir bahwa Indonesia berubah landskap mulai dari ekonomi, sosial, hingga politik.

“Kita di Sulsel merupakan pintu timur terdekat dengan IKN dan tidak ada kota sebesar Makassar yang terdekat dengan IKN. Posisi Sulsel dengan jumlah pulau 370 bisa dibayangkan jika IKN sudah ada, kita bisa mengakselerasi pembangunan dengan memaksimalkan potensi SDA dan SDM yang kita miliki,” terang Bahtiar.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Barru siap menjadikan Kabupaten Barru sebagai pintu gerbang Sulawesi Selatan ke Ibu kota Nusantara (IKN).

“Salah satu bentuk kesiapan kita adalah dengan memaksimalkan kawasan Pelabuhan Garongkong yang saat ini sudah terkoneksi dengan jalur Kereta Api sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dipertegas dengan kebijakan Pemda Sulsel yang merancang Garongkong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulawesi Selatan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru yang akan berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur,” jelasnya.

(Ramsi/Hms)