Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Sambut Malam ke 11 Ramadhan, Bupati Barru Gelar Safari Ramadhan di Masjid Al Ittihad Padongko

10
×

Sambut Malam ke 11 Ramadhan, Bupati Barru Gelar Safari Ramadhan di Masjid Al Ittihad Padongko

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menunaikan Shalat Isya dan Tarwih ke 11 di Masjid Al Ittihad Lingkungan Padongko Kelurahan Mangempang Kec. Barru, Sabtu (1/4/2023).

Turut hadir pula Kasatpol PP, Damkar dan Penyelamatan, Kadis Lingkungan Hidup, Kepala Dispapora, Kepala Diskumdag, dan Bahbinsa Kelurahan Mangempang.

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan puji syukur serta mengajak para Jamaah untuk bershalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

“Semoga kita mendapatkan safaatnya dan menjadi golongan orang yang selalu diberkati oleh Allah SWT”, Ucap Suardi Saleh.

Lanjut, “Sudah menjadi program pemerintah bahwa setiap ramadhan ada kegiatan safari ramadhan, namun setelah covid melanda kegiatan ini sempat terhenti dan selanjutnya ramadhan kali kita tetap melaksanakan safari ramadhan secara normal dan formal namun masih ada pembatasan, yang dulunya dirangkaikan dengan buka puasa bersama namun sekarang kita tidak laksanakan”.

Anjuran Presiden tentang Larangan Buka Puasa Bersama hanya berlaku untuk ASN tetapi untuk masyarakat umum dipersilahkan melaksanakan buka puasa dan bisa mengundang Bupati, dan persoalan ini tdak perlu menjadi polemik untuk dipertentangkan.

Suardi Saleh menambahkan bahwa tujuan safari ramadhan yaitu bersilaturahmi dengan jamaah masjid, kemudian menyampaikan informasi pembangunan Kabupaten Barru, dan yang terakhir untuk menerima masukan dari masyarakat terkait situasi lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatan safari ramadhan tersebut, Bupati Barru juga memberikan bantuan operasional amaliah ramadhan 1444 H ke Masjid Al Ittihad.

“Baru saja kami menyerahkan bantuan biaya operasional ramadhan, bantuan ini dimaksudkan untuk membantu kegiatan operasional ramadhan, untuk penyempurnaan sarana dan prasarana seperti mengundang penceramah demi memperlancar kegiatan operasional selama ramadhan”, Ungkap Bupati Barru dua periode ini.

Bantuan operasional amaliah ramadhan 1444 H diperuntukkan untuk semua masjid yang ada di Kabupaten Barru yang besarnya disesuaikan dengan tingkatan masjid seperi Masjid Kabupaten, Masjid Kecamatan, dan Masjid Desa, dsb.

“Terkhusus untuk bantuan perbaikan/pembangunan masjid tiap tahun sekitar 50 masjid yang kita bantu berdasarkan proposal dan tingkat perbaikan/pembangunan, dan ada juga beberapa daerah yang tidak terjangkau kita bantu dengan membangun Musahallah yang semuanya merupakan upaya Pemerinah Kabupaten Barru dalam memudahkan masyarakat menjalankan ibadah dan menjalankan kegiatan keagamaan lainnya, dan alhamdulillah saya melihat pembangunan Masji Al Ittihad ini sangat bagus”. Terang Bupati Barru.

“Tidak terasa kita sudah memasuki puasa ke 10, mari kita intropeksi ibadah yang telah kita jalankan, masih ada sekitar 20 hari lagi ramadhan untuk menyempurnakan ibadah kita karena kita tidak tau apa kita masih bisa bertemu di ramadhan berikutnya, dan Insha Allah setelah ramadhan ini kita menjadi manusia yang paling bertaqwa. Saya berharap semoga kita diberikan umur yang panjang dan diberikan kesempatan untuk bertemu di ramadhan berikutnya, manfaatkan ramadhan ini dengan mengisinya dengan amaliah ramahdan”. Tutup Bupati Barru.

(Ramzi/Hms)