Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Sekda Barru wakili Bupati hadiri Penutupan Milad Ke-84 Pondok Pesantren DDI Mangkoso

33
×

Sekda Barru wakili Bupati hadiri Penutupan Milad Ke-84 Pondok Pesantren DDI Mangkoso

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Abustan mewakili Bupati Barru Ir H. Suardi Saleh menghadiri acara penutupan Milad Pondok Pesantren DDI Mangkoso yang ke-84 di GOR DDI Putra Mangkoso, Tonrongnge, kelurahan Kirukiru, kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, pada Rabu (11/1/2023).

Dalam acara Milad tersebut juga dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni DDI (IADI) Mangkoso serta penandatanganan MOU Pondok Pesantren Nurul Iman Parung Bogor dan Pondok Pesantren Derajat Lamongan Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Sekda Abustan mengapresiasi acara tersebut karna dapat berlangsung lancar dan meriah.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Barru yang saat ini masih umrah. Beliau menitip salam kepada hadirin semuanya”, kata Abustan.

Mantan Kadis Pendidikan Kab. Barru ini menyampaikan bahwa di Mangkoso banyak membawa berkah karena pernah turun Lailatur Qadri semasa AG H. Abdul Rahman Ambo Dalle memimpin pesantren ini.

Beliau juga menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun zakat di Kab. Barru mengalami peningkatan dan terbesar di Indonesia, berkat kepemimpinan Anre Gurutta HM. Faried Wajedi di Baznas Barru.

Selain itu, beliau mengajak para santri dan alumni serta pembina mampu lebih kreatif dan inovatif serta mampu menguasai IT.

Sementara itu, Pemimpin Pondok Pesantren DDI Mangkoso Prof. AG Muhammad Faried Wajdi menjelaskan bahwa milad Pondok Pesantren DDI Mangkoso yang jatuh pada tanggal 21 Desember 1938 bertepatan dengan kedatangan AG. Abdul Rahman Ambo Dalle yang didatangkan oleh Petta Soppeng memulai pengajian di Pondok Pesantren DDI Mangkoso dan pada tanggal 11 Januari 1939 mulai dibangun madrasah-madrasah pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Koordinator Panitia Ahmad Rasyid Amri Said melaporkan bahwa acara milad merupakan agenda tahunan dalam rangka mengenang pendiri Pondok Pesantren DDI Mangkoso sekaligus memperingati HAUL AG. H. Abdul Rahman Ambo Dalle.

“Sengaja acara Milad ditutup pada Rabu 11 Januari karena bertepatan dengan dibukanya Pusat Pendidikan Islamiah Pondok Pesantren DDI Mangkoso yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan”. tutupnya.

(Ramzi/HmsIKIP)