Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPendidikan

Sekda Barru Hadiri Seminar akhir KKN Tematik Universitas Hasanuddin di Ujung Batu Barru

17
×

Sekda Barru Hadiri Seminar akhir KKN Tematik Universitas Hasanuddin di Ujung Batu Barru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru Abustan AB Hadiri  Seminar akhir KKN Tematik Universitas Hasanuddin dan Pelepasan Mahasiswa Tematik di Ujung Batu, Pantai Sumpang Binangae Barru Sabtu (20/8/2022) dengan tema Smart Village .

Dalam sambutanya Sekda Barru mengucapkan Selamat telah mengakhiri kegiatan lapangan KKN Tematik selama kurang lebih 40 Hari di Barru.

“KKN ini paradigmanya sudah berubah, saya KKN ada sekira 40 orang dengan banyak pekerjaan fisik, waktu itu Kadesnya bilang tidak usah kerja lain, buat 7 sumur saja dengan kedalamannya 16 meter, dan Alhamdulillah 3 bulan selesai semua sumur selesai.” Tandasnya.

Lanjut Dia, Mudah-mudahan dikepemimpinan saya jadi Sekda, KKN tidak sembarangan masuk, tapi memang tematik, kami request tugasnya, tidak perlu banyak bikin kegiatan, satu saja asalkan itu berhasil, dan Anda akan tercatat sebagai pembawa perubahan, pembaharu.

Persoalan yang kita hadapi pasca Pandemi Covid-19, adalah teknologi informasi internet yang luar biasa, kita tidak lagi perlu ketemu langsung, semua bisa pakai zoom meeting tatap muka, karena itu kita butuh konsep Smart People, Smart Village hingga nantinya tercipta Smart District, tambahnya.

“Hal kecil jika dimanajemen dan dimantainance dengan baik, maka itu bisa memberi multiflyer efek, seperti program sayur polibag jika dilakukan semua rumah di satu desa, bisa dibawa ke pasar dan hasilkan jutaan, tapi memang persoalan sekarang adalah jalan sendiri-sendiri, itu yang harus diperhatikan, kolaborasi yang massif, Saya ingatkan bahwa Quintiple Helix, motor penggeraknya adalah Akademisi, universitas, perguruan tinggi, karena itu kita berharap untuk mensinergikan hal ini,” tutur Sekda.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada Unhas terutama Bapak Ibu Dosen Pembimbing dengan segenap program kegiatan, khusus anak-anak ku saya titip agar apa yang ditemukan atau pengalaman di Desa, tolong dipahami bahwa yang pertama adalah Hablumminnas, Hubungan sosial, tolong dipilah dengan baik, karena jika itu sudah dipahami, akan mudah melalui semua hantaman dan tantangan hidup dimasa depan,” katanya.

Lebih jauh ia katakan, Ingat, Setelah kembali ke Makassar, lewati perbatasan Barru, pahami bahwa Barru satu-satunya Kabupaten yang disebut dalam Al-Qur’an, Surah At Thur, Barru berarti mencintai kebaikan, ingat anda yang telah minum airnya Barru selama 40 hari untuk terus menginternalisasi nilai-nilai kebaikan dimanapun berada.

“Kemarin saya sudah buka Kampus Unhas Barru, bukan kelas jauh, tapi memang Kampus Unhas Barru, dan mahasiswanya sembilan orang, insya Allah akan menjadi awal sejarah peradaban, saya juga alumni Unhas,” tutup Sekda Barru.

(Indasari)