Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Bersama Pj Gubernur Sulsel, Suardi Saleh Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Barru

×

Bersama Pj Gubernur Sulsel, Suardi Saleh Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Barru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Bupati Barru Suardi Saleh, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Raya Barru, Selasa (20/2/2024).

Peletakan batu pertama Masjid Raya Barru yang berlokasi di Lasinri, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru ini adalah rangkaian peringatan Hari Jadi Barru (HJB) ke-64 tahun 2024. Masjid ini disebut-sebut akan menjadi ikon baru di Barru.

Di hadapan Pj. Gubernur, Bupati Suardi Saleh menjelaskan data teknis pembangunan masjid raya Barru yaitu luas lahan 18.120 m2 atau sekitar 1,812 hektar, luas Bangunan 45 m x 45 m atau sekitar 5857,95 m2 dan tinggi bangunan 12 m.

Sementara luas taman 3700,72 m2, luas jalan 1196,15 m2, luas Parkiran 7365,68 m2, tinggi menara 30 m sedangkan kapasitas masjid mampu menampung sebanyak 5.530 jamaah, kapasitas pelataran suci 1174 m2, dengan total daya tampung sebanyak 6.704 jamaah.

“Adapun struktur utama pembangunan masjid raya ini adalah beton bertulang kombinasi struktur baja berat dan struktur pondasi pancang mini pile uk. 20×20 cm dengan kedalaman 4,6 m”, terang Suardi Saleh.

Dirinya menyampaikan bahwa masyarakat Lasinri meminta apabila mesjid raya ini selesai dibangun, agar warga diberdayakan sebagai pegawai syara.

Menurut Bupati dua periode ini, masyarakat juga meminta agar sejarah dari masjid yang ada sebelumnya jangan sampai hilang. Sehingga, menara masjid yang ada akan dipertahankan.

“Masjid raya ini akan kita lengkapi dengan rumah imam, ruangan khusus untuk menerima tamu dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Suardi Saleh mengurai bahwa masjid raya ini akan dibangun satu lantai agar dapat memudahkan lansia ketika ingin datang beribadah.

“Harapan kami, pembangunan masjid raya ini bisa selesai pembangunannya akhir tahun ini,” pungkas Bupati Suardi Saleh.

Sebelumnya, diketahui Pj. Gubernur Bahtiar beserta Pj. Ketua PKK Sulsel didampingi Bupati Suardi Saleh melakukan penebaran benih ikan di Koramil Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja.

Kemudian menuju ke lokasi penanaman sukun dan IB, di desa Lampoko, Kecamatan Balusu dan meresmikan gedung perpustakaan Kabupaten Barru sebagai rangkaian puncak peringatan hari jadi Barru ke-64.

(Ramsi/Hms)