Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Polisi

Pastikan Pemilu 2024 Aman, Polres Barru Gelar Simulasi Sistem Pengamanan

×

Pastikan Pemilu 2024 Aman, Polres Barru Gelar Simulasi Sistem Pengamanan

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Kepolisian Resor (Polres) Barru menggelar simulasi sitem pengamanan kota atau yang biasa disebut sispamkota sebagai rangakaian kesiapan pengamanan pemilu tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan kantor KPU Kabupaten Barru, Sabtu (14/10/2023).

Dalam simulasi, diskenariokan KPU Barru didatangi sejumlah massa yang menuntut diadakan pemungutan ulang di beberapa TPS. Tergambar dalam adegan demi adegan peningkatan eskalasi massa dari unjuk rasa damai hingga situasi anarkis yang mengharuskan dilakukan pembubaran menggunakan tembakan gas air mata dan water cannon.

Dalam sispam kota tersebut juga disimulasikan pengepungan, penggeledahan, hingga penangkapan yang dilakukan oleh satuan tugas tindak terhadap pelaku anarki saat demonstrasi di kantor KPU.

Sispamkota tersbut disaksikan langsung oleh Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, Ketua KPU Kabupaten Barru Abdullah Syafa, Kepala Dinas Kesehatan, Kasatpol PP, dan tamu undangan yang berasal dari instansi terkait jajaran pemerintahan Kabupaten Barru.

Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto, S.I.K yang memimpin langsung jalannya simulasi di akhir kegiatan menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel dan semua stakeholder yang telah berpartisipasi dan mensukseskan jalannya sispamkota.

Kapolres juga menjelaskan bahwa simulasi ini menggambarkan kesiapan Polres Barru menangani permasalahan dan konflik yang muncul selama pelaksanaan pemilihan umum yang tahapannya berlangsung hingga tahun 2024 mendatang.

“Sispamkota ini menggambarkan kesiapan kita menangani permasalahan yang muncul dalam pengamanan pemilihan umum tahun 2024” jelas mantan Komandan Batalyon Taruna Akademi Kepolisian tersebut.

(*)