Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pendidikan

Pengawas Madrasah Beri Arahan Persiapan Akreditasi MA Faqihul Ilmi Makassar

×

Pengawas Madrasah Beri Arahan Persiapan Akreditasi MA Faqihul Ilmi Makassar

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, MAKASSAR – Pengawas Madrasah MA Faqihul Ilmi Makassar Dra. Hj. Hilmah Latif hadirkan pemateri tentang persiapan akreditasi tahun 2023 Selasa, (20/6)) di ruang Aula Pesantren Faqihul Ilmi Makassar.

Dalam arahannya pemateri menekankan, pentingnya pengelola madrasah untuk mempersiapkan seluruh dokumentasi yang mencakup empat komponen yaitu komponen Mutu Lulusan, komponen Proses Pembelajaran, Komponen Mutu Guru dan Komponen Manajemen Sekolah yang akan digunakan tim asesor sebagai acuan dalam penilaian akreditasi nantinya.

“Akreditasi sekolah/madrasah diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Akreditasi tahun ini berbeda dengan pelaksanaan akreditasi tahun tahun sebelumnya. Pada tahun ini akreditasi menggunakan instrumen baru yang disebut IASP 2020”, Kata Rosdiati didampingi Hilmah Pengawas MA Faqihul Ilmi, saat memberikan bimbingan kepada para guru dan Kamad.

Ia juga berharap tahun ini merupakan salah satu madrasah yang dijadikan sebagai piloting akreditasi IASP 2020, segala dokumen harus disiapkan dengan matang dan sesuai instrumen POS akreditasi.

“Harus bisa menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan visitasi nanti, “tambahnya.

Rosdiati juga menambahkan, Pembimbingan dan pendampingan yang dilakukan dimaksudkan pula untuk menghimpun informasi sejauhmana kesiapan madrasah dalam menghadapi akreditasi sebagai bahan pembimbingan berikutnya. Serta menetapkan efektivitas kinerja guru dan kepala madrasah.

“Selain itu juga dijadikan sebagai dasar penyusunan program pembimbingan dan pelatihan profesionalitas guru dan kamad.” Tutup Rosdiati.

Pada kesempatan ini, pengawas Hilmah juga melakukan kroscek bukti fisik, telaah dokumen dan wawancara dengan guru, kamad, dan yayasan.Kemudian melakukan cek langsung ruang kelas yang akan digunakan sebagai tempat visitasi daring. Hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan daring seperti laptop/komputer, LCD, Layar, sound system,serta penataan ruangan.

Adapun kegiatan pembimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh pengawas Madrasah dalam kesempatan itu diantaranya menelaah satu persatu butir yang ada pada IASP yang digunakan dalam Uji Coba akreditasi bersama guru dalam team sukses akreditasi di MA Faqihul Ilmi.

”Dengan menelaah butir IASP ini guru dapat menyiapkan diri dalam menghadapi akreditasi kali ini dengan harapan bisa terakreditasi sangat baik naik setingkat lebih tinggi dari predikat akreditasi sebelumnya”, ungkap Hilmah saat memberikan pembimbingannya.

Sementara itu Kepala MA Faqihul Ilmi Makassar Hj. Erna Damayanti, M, Pd usai sosialisasi mengucapkan terima kasih kepada pengawas Madrasah yang sudah memberikan informasi penting dan bimbingan dalam menghadapi persiapan akreditasi RA Faqihul Ilmi.

“Semoga kami berperan aktif saat persiapan dan menjawab permintaan para Asesor BAN Madrasah ketika melakukan visitasi akreditasi RA Faqihul Ilmi,” pungkasnya.

(Alif)