Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPemerintahan

Hadiri Panen Parsial Udang Vanamei, Bupati Barru : Petambak Harus Mencontohi Kolam Bulat Ini

15
×

Hadiri Panen Parsial Udang Vanamei, Bupati Barru : Petambak Harus Mencontohi Kolam Bulat Ini

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri Panen Parsial Udang Vanamei kolam terpal di Burancie Kelurahan Mangkoso Kec. Soppeng Riaja, Kamis (01/06/2023).

Panen perdana kolam bulat ini merupakan bantuan pemerintah daerah sebagai bentuk perhatian dalam pengembangan budidaya udang vanamei di Kabupaten Barru.

Bupati Barru menyampaikan bahwa ada beberapa persoalan pertanian khususnya perikanan secara umum, seperti lahan yang semakin menyempit akibat pembangunan, sehingga eksetinfikasi sulit dilakukan. Kondisi lahan atau tambak yang ada sudah jenuh dengan kualitas air yang buruk sehingga jalan keluarnya adalah dengan membuat kolam bulat.

“Untuk itu pemerintah daerah mencoba memberikan motivasi kepada masyarakat petambak dengan mencontoh kolam bulat ini, tanpa harus ditambak bisa ditempatkan di halaman rumah terlebih dengan margin keuntungan mencapai 20-30 Juta/siklus, ini tentu sangat membantu masyarakat”, Ucap Bupati Suardi Saleh.

Dirinya menambahkan bahwa PDRB terbesar Kabupaten Barru berasal dari pertanian yaitu sebanyak 34%, dimana 20% dari kontribusi perikanan. Itupun masih menggunakan sistem konvensional, terlebih dengan garis pantai sepanjang 78 Km yang sangat mendukung bagi masyarakat yang berada disekitar pesisir pantai.

“Sekarang sudah ada perusahaan yang bisa diajak bekerja sama dalam hal operasional budidaya dalam bentuk pakan, benur, dan sebagaianya dengan sistem bayar panen. Cukup menyiapkan kolam, untuk biaya operasionalnya perusahaan siap membantu dan tentunya akan berdampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat”, Ungkap Suradi Saleh.

“Kepada Kelompok Tambak Bintang Vanamei dan Konsultan kami sangat mengucapkan terimakasih, Kami berharap lokasi percontohan ini dijaga karena lokasi ini bisa menjadi studi tiru atau studi banding dan menjadi contoh dan direplikasi oleh masyarakat petambak kita di Kab. Barru”, Tutup Suardi Saleh.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Konsultan Bintang Vanamei menjelaskan bahwa kolam bulat ini sangat menjanjikan sekali untuk perkembangan budidaya air payau di Kabupaten Barru, di Madura kolam vanamei sudah menjadi industri rumah tangga, Rumah yang berada dipinggir laut minimal memiliki satu kolam.

“Dengan garis pantai Kabupaten Barru yang cukup panjang dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat seperti yang kita contohkan hari ini yang mendapatkan bantuan dari Pemkab Barru sehingga bisa berjalan”, Jelasnya.

(Ramzi/Hms)