Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPemerintahan

Bupati Barru Hadiri Upacara Peringatan Harlah Pancasila, Dandim 1405 Sampaikan Amanat Presiden RI

33
×

Bupati Barru Hadiri Upacara Peringatan Harlah Pancasila, Dandim 1405 Sampaikan Amanat Presiden RI

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Barru di Halaman Kantor Bupati Barru, Kamis (01/06/2023).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir anggota Forkompimda Kab. Barru, Sekda Barru, Para Staf Ahli dan Asisten, Para Kabag, Kepala OPD, dan Para Peserta Upacara.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Dandim 1405 Parepare (Letkol Inf Hastiar Hatta, S.I.P)

“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan
hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber
segala sumber hukum negara”, Ucap Letkol Hastiar saat membacakan amanat Presiden RI.

Lebih lanjut, “Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu
sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan pancasila, sehingga pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”.

Hari Lahir pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai pancasila akan tertanam didalam hati bangsa Indonesia.

“Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami
disorientasi di masa depan”, Harapnya.

Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai”, Terangnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20% (Dua Puluh Persen). Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang”, Harapnya.

(Ramzi/Hms)