Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPemerintahan

Bupati Barru Hadiri Pesta Panen Adat Paenge di Dusun Birue

2
×

Bupati Barru Hadiri Pesta Panen Adat Paenge di Dusun Birue

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si hadiri Pesta Panen Adat Paenge dengan tema “Dengan Pesta Panen Kita Mengangkat Adat Budaya dan Kearifan Lokal” di Dusun Birue, Desa Siawung Kec. Barru, Kamis (11/05/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Suardi Saleh mengucapkan rasa syukur karena masyarakat Dusun Birue bisa mengadakan Pesta Panen dengan lancar.

“Alhamdulillah berhasil, ini wujud kesyukuran kita kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan”, Ucap Suardi Saleh.

Lebih lanjut Suardi Saleh menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menjaga tradisi budaya yang merupakan warisan para leluhur, bagaimana mewujudkan kesyukuran kepada Allah SWT.

“Bagaimana supaya kegiatan yang kita lakukan berdampak lebih besar lagi di samping mempertahankan budaya, tradisi, kita juga bisa memberi dampak dari sisi ekonomi pada masyarakat kita dengan menjadikan objek wisata sehingga wisatawan berdatangan”, Ungkapnya.

Untuk optimalisasi perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mekanisasi pertanian perlu kualitas unggul umur pendek. Penggunaan irigasi dan yang lebih penting kebersamaan.

“Kebersamaan apa yang kita bicara di tudang sipulung itu yang harus kita taati kesepakatan seperti kapan kita turun, Kesepakatan kapan kita panen itu paling penting karena tidak bisa kita capai keberhasilan tanpa kebersamaa”, Tegasnya.

(Ramzi/Hms)