banner 728x250

Bersama Bupati Barru Warga Matajang Jalin Silaturahi di Acara Adat Pesta Panen “Mappadenda” Desa Lalabata

Dilihat - : 110

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri kegiatan tahunan acara adat warga Lappabila yang menjadi tradisi masyarakat dalam mengucap syukur terhadap anugrah ilahi atas nikmat yang di berikan kepada warga Desa atas panen raya Masyarakat Desa Lalabata.

Kegiatan tersebut di gelar di lapangan Lappabila Dusun Matajang Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sabtu 20 Agustus 2022.

Dibalut dengan Gelaran Seni maludda atau memukul Lesung dengan alu dalam tradisi mappadengdang menghiasi kesederhanaan gelaran acaran rakyat tersebut hingga keseruan tari sere api atau menari diatas bara api tanpa alas kaki yang dilakukan oleh warga setempat yang terlatih sebagai pertunjukan puncak Mappadendang Warga Desa Lalabata.

Ratusan warga dari beberapa Desa Tetanngga memadati Lapangan Lappabila Desa Lalabata, itu dikarenakan adanya tradisi unik warga memburu lemmang ( Beras ketan yang di bakar dalam bambu) semua rumah warga di Lappabila dusun Matajang terbuka secara umum untuk menikmati Lemmang dan hidangan tuak manis hingga poteng yang menjadi makanana dan minuman khas setiap kegiatan mappadendang di Matajang Desa Lalabata.

Menurut Kepala Desa Lalabata Herman Bin Tamrin mengungkapkan kegiatan ini merupakan perhelatan Seni Budaya sebagai bentuk ucap syukur kita atas nikmat atas panen raya tahun ini, ucapan penghargaan setinggi tingginya atas kehadiran Bapak Bupati Barru.ungkapnya

Bupati Barru Suardi Saleh Dalam Sambutannya menuturkan menjadi kesyukuran bagi kita bisa kembali lagi berkumpul dan bersilaturahmi sejak setelah kondisi pandemi covid sudah membaik.

Maka dengan beransur – ansurnya covid sudah membaik maka kami mengajak masyarakat kita mendukung untuk bersama – sama memutus mata rantai pandemi covid 19

Ucapan terima kasih pula atas kepala desa dan para tokoh petani di desa lalabata serta segenap warga Desa atas mempertahankan tradisi pesta panen ini, bertemu siuju’ Rupa bersilaturahim dan tentunya ini bagian dari ucap rasa syukur atas panen kita yang melimpah.

Lanjut Bupati mengajak untuk optimalisasi pertanian, bagaiman kita akan terus memaksimalkan pertanian kita.Tutupnya.

Sekedar diketahui Tutur Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kadis Pertanian, Camat Tanete Rilau, Babhinkamtibmas Desa Lalabata, Babinsa Desa Lalabata, BPD Desa Lalabata, Ketua Tim TP PKK Kecamatan Tanete Rilau, Anggota Kelompok Tani, Tokoh Tani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik, Tokoh Pemuda, KKN Tematik Unhas Makassar.

(Indasari/Hms)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif