Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Makassar

Layak, Bupati Barru Raih Penghargaan Pembagunan Daerah

27
×

Layak, Bupati Barru Raih Penghargaan Pembagunan Daerah

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, MAKASSAR – Even tahunan  harian fajar selain perayaan hari jadinya media terbesar di kawasan timur Indonesia ini juga selalu memberi penghargaan kepada para kepala daerah sebagai komitmen kebersamaan membangun daerah.

Di hari jadi Harian Fajar ke 40 ini Barru menjadi salah kabupaten yang mendapat satu penghargaan karena inovasinya dalam membangun daerahnya, terutama dari sisi pelayanan publik. Salah satu inovasinya adalah melalui program wisata posyandu.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M. Si mendapat penghargaan dengan inovasi bidang pelayanan kesehatan masyarakat untuk wisata posyandu. Penyerahannnya dilakukan pada malam resepsi Hari Ulang Tahun Harian Fajar, Sabtu Oktober 2021 di Hotel Gammara Makassar.

Penghargaan ini diberikan melalui proses seleksi yang ketat. Proses seleksi ini dilakukan sebuah tim  independen bersama bagian Litbang Harian Fajar Makassar.

Bupati Barru, H. Suardi Saleh, telah mewujudkan sebuah gagasan dan ide membangun dengan partisipasi dan kebersamaan  yang sangat baik. Bupati Barru ini sangat kuat mendorong inovasi pengembangan pelayanan dibidang kesehatan masyarakat.

Beberapa waktu yang lalu H. Suardi Saleh sebagai Panelis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik “Wisata Posyandu” menyampaikan materi Inovasi Wisata Posyandu melalui virtual di Gedung Barru Smart Centre (Basic) Kantor Bupati Barru

Bupati, memaparkan materi tentang Inovasi Wisata Posyandu yang pelayanannya terintegrasi yang memadukan pelayanan kesehatan (Healt Service) dan hiburan (Entertaiment).

Inovasi ini di apresiasi oleh Tim Panel Independen melalui virtual diantaranya, JB. Kristiadi (Wakil Komisaris Utama Independen), Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A, (Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI), Tulus Abadi (YLKI), Indah Sukmaningsi, Eko Prasojo, Harris Turino.

“Inovasi ini diluar dari biasanya karena dipadukan antara pelayanan kesehatan dan hiburan”, jelas Bupati Suardi Saleh.

Lanjut Suardi Saleh, inovasi ini diantaranya model timbangan didesain seperti mobil-mobilan, metode penyuluhan memakai boneka anak-anak, hiburannya dibuat khusus yang membuat anak betah bermain.

“Bahkan inovasi ini membuat masyarakat merasa nyaman untuk datang ke Posyandu. selain itu Inovasi ini mudah direplikasi, biaya murah, alat dan bahan mudah didapat, tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menjalankannya,” jelasnya.

Dari adanya inovasi ini, trend peningkatan kunjungan, naik cukup signifikan. Dimana sebelum adanya inovasi jumlah kunjungan hanya berkisar 55 persen pda tahun 2015 sedangkan data tahun 2020 meningkat menjadi 93.4 persen. Tambahnya.

Atas Inovasi tersebut Bupati Barru, H. Suardi Saleh, menerima penghargaan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (6/9/21) di Hotel Claro Makassar yang lalu.

Penghargaan tersebut terkait ditetapkannya Kabupaten Barru masuk TOP 30 Kompetisi Inovasi Pelayananan Publik (KIPP) tahun 2021 bersama beberapa kabupaten/kota lainnya.

“Alhamdulillah kita berhasil mengantarkan kabupaten Barru meraih penghargaan TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji melalui Inovasi Wisata Posyandu yang berada di desa Tompo, Wilayah kerja Puskesmas Palakka” tutup Bupati Barru.

(Indasari/Hms)