Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Entaskan Stunting di Barru, Hasnah Syam Gunakan Strategi Baru

26
×

Entaskan Stunting di Barru, Hasnah Syam Gunakan Strategi Baru

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Tekad Legislator Senayan, drg. Hj. Hasnah Syam MARS yang akrab disapa “Bu Dokter”, dalam mengentaskan stunting dengan turun langsung ke Desa Nepo dan Manuba, mendapat apresiasi Ibu dan Anak di lokasi tersebut, Jumat (6/8/2021).

Dirinya terus menggelorakan hal ini, baik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Barru ataupun Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Barru yang memiliki data dari informasi jaringan kader ditiap pelosok Desa.

Pertemuan yang dibatasi hanya untuk anak stunting dan ibu hamil ini, disertai pemberian makanan tambahan untuk 90 hari ke depan.

“Alhamdulillah, kita bantu Ibu Hamil dan Anak Stunting dengan berikan makanan tambahan yang sedianya cukup untuk 90 hari, berharap makanan tambahan ini, Ibu Hamil terjaga imunnya dan bayi dalam kandungan, gizinya terjamin dan insya Allah terlahir anak sempurna dengan tinggi dan berat badan ideal,” sebut Bu Dokter yang di tiap kunjungan mendahulukan kepastian atas disiplin penegakan protokol kesehatan serta tak jenuh mengingatkan pentingnya 3 M (Gunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Turun langsung, disebutnya sebagai upaya untuk membangun komunikasi pentingnya pemberdayaan perempuan utamanya para ibu, untuk memahami akar masalah stunting dan metode penyelesaiannya.

“Masyarakat kita memerlukan motivasi untuk berdayakan sumberdaya disekitarnya termasuk Pekarangan rumah, perkara stunting akibat kekurangan Gizi, dapat teratasi bila hasil kebun keluarga termasuk Toga di pekarangan sediakan semuanya, sebab kendala utama justru kurangnya pengetahuan dan panduan, karena itu kita turun,” jelas Hasnah Syam yang menargetkan 9 Lokasi Fokus Stunting di 2022.

Dirinya juga terlihat menyempatkan diri mengunjungi rumah kadernya yang berhasil menata dan berdayakan pekarangan menjadi produktif dengan ragam tanaman sehat keluarga.

“Mari ajak setiap ibu di rumah untuk manfaatkan lahan pekarangan, semoga menopang ketahanan pangan rumah tangga sekaligus sebagai strategi menjaga ketersediaan asupan Gizi sayur mayur anak kita,” pungkasnya.

Stunting merupakan istilah bagi gangguan pertumbuhan pada anak ditandai tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya, yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

(Indasari/*)