Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

BBPOM Sulsel Bersama Hasnah Syam Sosialisasi Program KIE Obat dan Pangan

24
×

BBPOM Sulsel Bersama Hasnah Syam Sosialisasi Program KIE Obat dan Pangan

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Kepala Bidang Infokom BBPOM Provinsi Sulsel Dra.Erni Arnida bersama Anggota DPR RI Komisi IX Drg. Hj. Hasnah Syam adakan Sosialisasi Pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat-obat Tradisional, Kosmetik dan Pangan di Baruga Singkeru Adae jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Provisi Sulsel, Selasa (23/3).

Dalam sosialisasi tersebut nampak warga barru antusias mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh para pemateri terkait penggunaan obat yang baik dan benar tentunya dengan mengutamakan Protokol kesehatan covid-19.

“Pemilihan obat sangatlah perlu diperhatikan, apalagi banyaknya obat yang tidak terdaftar di BBPOM sehingga saya berharap masyarakat teliti dalam memilih obat, apalagi yang namanya obat tradisional harus betul-betul diteliti,” ujar Dra. Andi Aisyah Hafid saat membawakan materi terkait obat dan obat tradisional.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Dr. Amis Rivai Kabupaten Barru mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat tidak tersesat dalam memilih makanan dan obat-obatan.

“Setiap obat perhatikan kemasan, Lebel, karena disitu semua ada aturan paketnya, dan tentunya ada izin edarnya, dan lebih penting harus juga diperhatikan tanggal produksinya,” kata Amis.

Lanjut Amis, Karena jika sudah lewat tanggal produksinya sangatlah berbahaya bagi kita yang menkomsumsinya, karena ini bisa berakibat fatal karena dapat mengalami keracunan obat.

Diera Digital tentunya banyak juga masyarakat jika mengalami sakit sering mencari obat lewat media Sosial.

“Banyak juga saya lihat orang jika mengalami sakit sering melihat obat apa yang cocok lewat media Sosial akan tetapi, ingat harus hati-hati agar dapat menghindari Hoax.” Tegas Amis.

Sedangkan kepala bidang Infokom BBPOM Prov.Sulsel,Dra.Erni Arnida Mengatakan, hal ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi terkait obat, obat tradisional, Kosmetik, dan Suplemen kesehatan.

“Dalam hal ini masyarakat Barru diajak agar cerdas saat membeli produk, baik makanan ataupun obat agar aman untuk dirinya dengan cara mengecek kemasan, lebelnya, dan izin edarnya,” jelasnya.

(Indasari)