Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPemerintahan

Secara Virtual, Sekda Barru Titip Pesan Dihari Antikorupsi Sedunia

17
×

Secara Virtual, Sekda Barru Titip Pesan Dihari Antikorupsi Sedunia

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Sekretaris Daerah Kabupaten Barru Ir. Abustan menghadiri acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020, yang dilakukan secara virtual di gedung Basic Kantor Bupati Barru, Rabu (16/12/2020).

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia kali ini mengangkat tema “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dan Budaya Anti Korupsi”. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan yang luar biasa dan harus dihadapi dengan cara yang luar biasa.

Hadir dalam kegiatan ini, Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pimpinan Lembaga Negara, Mentri Koordinator dan Mentri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan dan Anggota DPR RI, Gubernur dan para Bupati.

Ketua KPK RI Firli Bahuri mengatakan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini lahir atas desakan majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada semua negara dan organisasi terkait untuk menandatangani dan meratifikasi Konvensi PBB melawan korupsi.

“Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi” menjadi tema Hari Antikorupsi tahun ini. Peringatan Hakordia salah satunya sebagai bentuk upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa juga, pungkasnya saat memberi sambutan di Gedung Merah Putih.

Peringatan ini bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang masalah korupsi yang dapat merusak pembangunan sosial dan ekonomi di semua masyarakat di seluruh dunia.

Korupsi dinilai sebagai fenomena sosial, politik dan ekonomi yang kompleks yang mempengaruhi semua negara. Tidak ada wilayah, komunitas, atau negara yang kebal terhadap korupsi.

Sementara itu Presiden RI Ir. Joko Widodo menuturkan bahwa kita harus terus meningkatkan transparansi untuk meminimalisir tindak korupsi.

“Bukan sebanyak apa kasus korupsi, akan tetapi Bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar tindak korupsi tidak terjadi lagi” tutup Joko Widodo Presiden RI.

Sementara Sekda Barru Ir. Abustan memaknai Hari Anti Korupsi Sedunia bahwa kedepan bagaimana supaya kita semua terhindar dari korupsi.

“Korupsi sudah menggerogoti bangsa, kami berharap korupsi tidak lagi menjadi budaya tetapi harus menjadi musuh bersama” tandasnya.

(*)