Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. BarruPemerintahan

Mengukir Sejarah, Barru Juara 1 Nasional STBM Award 2020

9
×

Mengukir Sejarah, Barru Juara 1 Nasional STBM Award 2020

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Berkat kerjasama ini Kabupaten Barru Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai Peringkat Pertama Kabupaten Kota Terbaik dalam Upaya Percepatan Stop BABS dan berhak memegang STBM Award 2020.

Acara penganugrahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award berkelanjutan tahun 2020 dilaksanakan secara virtual dan diterima oleh Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Barru di Ruang Basic Kantor Bupati Barru, Jumat (13/11/2020).

Dari data yang diperoleh Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto dan diterima oleh Plt. Kepala Bappeda Umar Sinampe, beserta segenap jajaran pemerintah termasuk pemerintah desa, Baznas, Tim Forum KKS, serta Leader Komunitas di Barru.

Menariknya, meskipun diterima langsung dari Kementerian Kesehatan RI, Plt. Kepala Bappeda, Umar Sinampe menyebut bahwa tokoh kunci dibalik sukses raihan prestasi ini, adalah Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS) Barru, drg. Hj. Hasnah Syam MARS.

“Keberhasilan ini tak terlepas dari dorongan Bupati dan Wakil Bupati H.Suardi Saleh dan Nasruddin AM, dan seluruh Forkopimda serta Sekda Barru, Utamanya, Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat, Bu Dokter Hj. Hasnah Syam beserta pengurus Forum KKS nya yang selalu mendorong terwujudnya seratus persen ODF,” sebut Umar Sinampe yang juga mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Barru ini.

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, drg.Hj Hasnah Syam MARS, memang menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru memiliki kesadaran dan membentuk kebiasaan yang lebih sehat.

Dimana bukan hal yang mudah untuk membuat setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi rakyat dalam menjaga sendiri “kehormatannya” di ruang terbuka.

Upaya yang konsisten dan berkesinambungan, Ketua Forum KKS Barru ini berhasil menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menjadikan lingkungannya lebih sehat.

“Ini sudah bisa membuktikan kalau kita serius dan komitmen pasti bisa, setelah berhasil ODF, diharapkan dapat berlanjut ke pilar STBM selanjutnya hingga mencapai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Desa STBM)” Ungkap Hasnah Syamyang juga Tokoh Nasional kala memberikan sambutan dihadapan ratusan warga Soppeng Riaja.

Mulai upaya merunut dari tingkat Desa dievaluasi step by step, dihampir setiap kesempatan, Hasnah Syam sebagai Ketua Forum KKS Barru ini tak henti mengkordinasikan.

Ia Berharap yang intens kordinasi langsung bahkan verifikasi lapangan bersama Tim di Bappeda atau Dinas Kesehatan, termasuk mengajak Baznas Barru untuk ikut serta membantu mencerahkan warga fakir miskin.

“Salah hanya berharap pihak terkait terus bekerja sama serta mengajak satu persatu kecamatan setiap perwakilan institusinya untuk Deklarasi ODF sejak awal 2020 ini.” harapnya.

Kiprah Hasnah Syam diketahui sebagai Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS), menjadi pendorong baginya untuk menuntaskan masalah dasar kesehatan ini dengan berkoordinasi dan terus mendorong agar setiap Kecamatan ODF di 2020. Apalagi, seumur hidup Beliau, sejak masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, sampai hari ini, tidak lepas dari Upaya mensejahterakan rakyat melalui kesehatan.

Saat yang sama, Prestasi luar biasa Kabupaten Barru juga sukses meraih juara satu kategori percepatan lintas sektoral pelibatan elemen masyarakat serta mendapatkan penghargaan terhadap beberapa kategori, yaitu

– Kategori Kepala Desa dan Lurah, atas nama Kepala Desa Pacekke Muhammad Dahlan  S.Sos,

– Kategori terbaik Sanitarian /Petugas Kesehatan lingkungan dari Puskesmas, Armin Arif Rahmasyah S.KM

– Kategori Natural Leader, Andi Syah Indra Irwan dengan Komunitas Aplusnya.

(Hms/Indasari)