Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
News

Bupati Barru Sebut Penanganan Stunting Menjadi Tugas Kita Bersama

×

Bupati Barru Sebut Penanganan Stunting Menjadi Tugas Kita Bersama

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Dr. (H.C) Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menyinggung program pemerintah saat ini tentang stunting dimanana penanggung jawabnya BKKBN dan menjadi tugas kita bersama.

Ia mengurai bahwa penurunan stunting berhasil jika penanganan dilakukan dari hulu ke hilir dan Alhamdulillah berdasarkan SGI kita sempat berada di 14,1 % dan saat ini melalui SKI kita berada di 20, 1 % , dan salah satu trigger one day one egg yang dicetuskan oleh almarhumah tetap kita kawal dan jalankan dengan memastikan telur masuk di mulut anak anak kita yang dikontrol tim penyuluh, PKK, dan melibatkan pendamping PKH.

Bentuk pencegahan lainnya sebut Suardi adalah , pemberian tablet tambah darah pada remaja siswi SMA, sosialisasi untuk tidak menikah dini termasuk bekerja sama dengan Pengadilan Agama dalam mengeluarkan dispensasi nikah.

Edukasi calon pengantin bagaimana mempersiapkan kehamilan, ibu hamil 6 kali ke layanan kesehatan dengan melakukan dua kali USG, konsumsi tablet sebanyak 90 dalam masa kehamilannya , kemudian setelah melahirkan selama 6 bulan memberikan ASI, dan setelahnya memberikan makanan pendamping ASI.

” Untuk itu kita semua harus berupaya agar stunting turun di 14% dan sekarang kita sudah masuk 5 besar terendah “, kata Suardi Saleh saat menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan DPC IPeKB Kabupaten Barru Masa Bakti 2024-2028 Rabu , (24/7/24).

Diakhir sambutannya, Suardi mengucapkan terima kasih pengurus yang sudah dilantik dan kembali menaruh harapan bisa menjalankan amanah ini dengan baik.

Sementara Direktur Ekonomi Keluarga BKKBN Pusat Wahida Paheng, S.Sos,M.Si menyebutkan sangat terima kasih dan bersyukur atas pelantikan hari ini.

Dirinya bercerita dan mengenang kedekatannya dengan almarhumah drg.Hj.Hasnah Syam, MARS , baginya almarhumah sangat memiliki kepedulian akan petugas bangga kencana dan sangat memperhatikan program bangga kencana di Kabupaten Barru.

Hal itu katanya dibuktikan dengan penghargaan Manggala Karya Kencana yang diraihnya pada tahun 2021 dan diterima langsung dihadapan Presiden RI.

Terima kasih pada pengurus IPeKB yang sudah dilantik dan berpesan agar melanjutkan cita-cita almarhumah untuk memperjuangkan program bangga kencana, dan setiap saat belajar, membuka diri dengan masyarakat tentang program program bangga kencana.

Sebagai tambahan susunan Pengurus IPeKB DPC Kab.Barru masa bakti 2024-2028 adalah Ketua Umum Andi Ismawati S.KM, Sekretaris Umum Asma S.KM, Bendahara Umum Ir.Hj. Nursiah.