Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Manfaat Hari Libur Sekolah, Kuliner Tiram Bakar Lajari Barru Sedot Perhatian Warga Makassar

×

Manfaat Hari Libur Sekolah, Kuliner Tiram Bakar Lajari Barru Sedot Perhatian Warga Makassar

Sebarkan artikel ini
Sumarni Salah satu pengunjung yang sementara menikmati tiram bakar bersama keluarga, di Lajari Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi-Selatan, Rabu (3/7/24)

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Memanfaatkan hari libur, beberapa warga menyempatkan waktunya berkunjung sekaligus menikmati kuliner khas Barru Tiram Bakar.

Diketahui tiram bakar merupakan jenis kerang laut yang menjadi makan khas bagi masyarakat Lajari kelurahan Coppo, kecamatan Barru, Provinsi Sulawesi-Selatan (Sulsel).

Sumarni Salah satu pengunjung yang sementara menikmati tiram bakar bersama keluarga mengatakan rela menempuh perjalanan selama 3 jam hanya untuk menikmati tiram bakar.

“Mumpung hari libur sekolah saya bersama keluarga dari Makassar ke Barru hanya untuk makan tiram bakar. Karena sudah lama penasaran mau coba tiram bakar Barru. Selain ini kami hanya tau tempat ini lewat media sosial.” ujarnya Rabu (3/7/24).

Lanjut Dia Katakan, Selain harganya tidak menguras dompet, rasanya pun maknyus banget.

“Mantap tawwa ternyata tiram bakar, ada Lombok nya racak mangganya, tidak rugi kami jauh jauh datang dari Makassar ke sini makan tiram.” Jelas Bu Sumarni.

Ia juga mengatakan selain rasanya yang khas, tiram bakar juga mengajarkan kita bersabar.

“Ternyata seru, Karena kalau tidak di pukul tidak bisa Ki makan tiram,” katanya sembari tertawa.

Satu porsi tiram bakar dibanderol Rp 25 ribu. Takaran porsinya adalah keranjang berbentuk persegi.

Untuk takaran per basketnya, tiram tersebut bisa dinikmati oleh tiga hingga empat orang.

Zaenal Salah satu pedagang kuliner tiram bakar memaparkan bahwa tiram diolah jadi makanan dengan cara dibakar di atas bara api selama 30 menit.

Cara membakarnya pun cukup mudah. Para penjual tiram biasanya menggunakan daun kelapa kering sebagai penghasil bara api.

“Tiram yang sudah matang kemudian dihamparkan di bawah tenda, beralaskan karung. Untuk mengeluarkan isi tiram, caranya cukup ditumbuk saja,” jelasnya.

Tim Red
(Editor Aisyah)