Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Peringatan Hari TBC Sedunia, Dokter Ulfah Ajak Semua Stakeholder Ikut Serta Menurunkan Kasus TBC

×

Peringatan Hari TBC Sedunia, Dokter Ulfah Ajak Semua Stakeholder Ikut Serta Menurunkan Kasus TBC

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Plt.Ketua TP PKK Kabupaten Barru drg. Hj.Ulfah Nurul Huda S, MARS buka secara resmi Talk show di Bola Pitue Padongko, Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan tersebut dibarengi dengan Pemberian Nutrisi Tambahan dalam rangka Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2024.

Dalam sambutanya, Dokter Ulfah menyebutkan, bahwa penyakit Tuberkulosis (TBC/TB) di Indonesia masih menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat, karena berdasarkan data pada tahun 2023 Indonesia berada diperingkat kedua setelah India.

“Paling rentan untuk penyakit ini adalah laki-laki dan pekerja faktornya rokok yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dia berpesan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.” ujarnya.

Lanjut Dia Katakan, semoga pasien kita yang dalam pengobatan sudah meninggalkan kebiasaan merokok dan segera sembuh.

“Mengingat tingginya kasus dan beban kematian terhadap TB / TBC Pemerintah berkomitmen untuk Tahun 2030 untuk bebas dari TBC,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa komitmen ini bukan hanya menjadi tugas Pemerintah.

” Komitmen ini melibatkan seluruh stakeholder, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Tim TB , juga keikutsertaan bapak ibu menurunkan kasus TBC ini sangat penting “, ungkap Ulfah

(Ramzi/Hms)