Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Bupati Barru Buka Musrembang Penyusunan Dokumen RPJPD Barru Tahun 2025-2045

5518
×

Bupati Barru Buka Musrembang Penyusunan Dokumen RPJPD Barru Tahun 2025-2045

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Barru Tahun 2025-2045 dilantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, Rabu (15/5/2024).

Dalam sambutannya Suardi Saleh mengatakan, penyusunan Dokumen RPJPD ini telah melalui beberapa tahapan diantaranya Konsultasi Publik, Pembahasan Bersama DPRD Kab.Barru dan Fasilitasi oleh Bappelitbangda Provinsi Sul-Sel, serta perumusan dan analisis oleh Tim Penyusun bersama Tenaga Ahli Perencanaan.

Lebih lanjut, Bupati Suardi Saleh menjelaskan rumusan visi “Kabupaten Barru Maju Berkelanjutan Berbasis ekonomi Biru” yang harus mengacu dan selaras dengan Rancangan Akhir Rencana RPJPN dan Dokumen Rancangan Akhir RPJPD Provinsi Sul-Sel.

Dikatakan, kata Maju disamping merupakan kata wajib yang harus termuat dalam visi sesuai pedoman penyusunan RPJPD juga menjadi harapan bagaimana Kab.Barru ekonominya dapat mencapai posisi kelompok sepuluh besar di Sulsel.

Kata wajib selanjutnya ucap Bupati Barru adalah Berkelanjutan, bahwa hingga 20 tahun ke depan diharapkan dapat berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dan terakhir Berbasis Ekonomi Biru,dijelaskan bahwa hal ini muncul disamping sebagai salah satu arahan pembangunan nasional yang termuat dalam RPJPN dan RPJPD Provinsi SulSel juga menjadi karakteristik Kab. Barru, karena berdasarkan pemetaan indikator Ekonomi Biru, Kab.Barru memiliki peluang dan potensi yang cukup besar.

Suari berharap, melalui visi ini akan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pendapatan daerah yang diharapkan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Suardi meminta adanya masukan dan saran dari para peserta guna mempertajam arah pembangunan Kab.Barru 20 tahun ke depan.

“Dokumen RPJPD juga akan menjadi rujukan bagi para calon kepala daerah tahun 2024 dalam menyusun formulasi visi, misi dan program prioritas yang akan tertuang dalam Dokumen RPJMD 2025-2029 bagian periode RPJPD Kab.Barru Tahun 2025-2045 ” pungkas Suardi Saleh. (*)

(Editor Muliana)