Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

48 Rumah Tidak Memiliki WC, Warga Sumpang Barru Nekat Buang Hajat di Pantai

4681
×

48 Rumah Tidak Memiliki WC, Warga Sumpang Barru Nekat Buang Hajat di Pantai

Sebarkan artikel ini
Lokasi tempat buang Air Besar (BAB) di Pantai Sumpang Binangae, kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

MATA JURNALIS NEWS, BARRU –Sebanyak 48 rumah di Kelurahan Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak memiliki Water Closet (WC).

Sesuai dengan data Rukun Warga (RW) ada 5 RW di Kelurahan Sumpang Binangae, Kabupaten Barru tidak memiliki WC.

Hal itu disampaikan Lurah Sumpang Binangae Badaruddin, saat ditemui beberapa wartawan di ruangan kerjanya pada Selasa (7/5/24).

“Benar ada 48 Rumah tidak memiliki WC, semuanya sudah kami data melalui Rukun Warga (RW) atas permintaan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR),”ucap Badaruddin.

Untuk saat ini ada sekitar 17 Rumah yang sudah terverifikasi oleh dinas PUPR kabupaten Barru.

“Adapun syarat mendapatkan bantuan dari Dinas PUPR untuk pembangunan WC, harus rumah berdekatan dengan jalan besar, karna untuk mempermudah di sendok ketika bak WC sudah penuh,”jelasnya.

Data Warga Sumpang Binangae Barru yang tidak memiliki WC

Sementara salah satu warga Sumpang Binangae yang tidak jauh kediaman dari bibir Pantai mengeluhkan warga yang sering Buang Air Besar (BAB) di bibir pantai.

“Ada sebagian warga yang sering buang air besar di Pantai pada saat subuh, sehingga baunya sampai di rumah, ini akibat masih banyaknya warga belum memiliki WC,”keluh salah satu warga yang tidak mau disebut namanya kepada wartawan Rabu (8/5/24).

Lanjut Dia Katakan, ini harus diperhatikan oleh pemerintah apalagi daerah ini adalah dua tempat wisata berdekatan yaitu Pantai Sumpang binangae, dan Ujung Batu merupakan salah satu icon kota Barru yang diminati para pengunjung.

“Kalau tercemar bisa-bisa banyak wisatawan tidak mau lagi ke tempat ini (Pantai Ujung Batu dan Pantai Sumpang Binangae)”, tandasnya.

Tim Red
(Editor Muliana)