Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Bersama Warga, Kapolsek Balusu Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

4401
×

Bersama Warga, Kapolsek Balusu Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini
Kapolsek Balusu Ipda Iqmal SH.,SE Bersama Warga di Dusun Padumpu Kab. Barru memperbaiki jalan Tani di desa secara swadaya, Senin (4/3/24).

MATA JURNALIS NEWS, BARRU –  Puluhan warga Gotong royong perbaiki jalan rusak sepanjang 600 meter dengan Lebar Beton 2,5 Meter di Dusun Padumpu, Desa Balusu, kec.Balusu Kab. Barru Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Senin (4/3/2024) .

Inisiatif warga muncul setelah Kapolsek beserta danramil Balusu menggelar Jumat Curhat bersama warga.

Ambo La Hineng (60) salah satu tokoh masyarakat mengatakan, Kerusakan jalan di kampung mereka tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

“Sudah lama kami dijanji tapi tak kunjung ada perbaikan. Padahal kerusakan di wilayah pelosok ini sudah parah.” Jelasnya kepada wartawan.

Lanjut Ambo La Hineng, Ketimbang berpangku tangan dan terus berharap uluran tangan pemerintah, masyarakat akhirnya memilih memperbaiki jalan secara swadaya. Perbaikan jalan dilakukan dengan cara melapisi dengan adukan semen atau cor.

“Protes tak pernah digubris, ya sudah kita perbaiki swadaya, Insya Allah kita mampu,” katanya.

Warga yang mampu urunan membeli semen. Sementara warga lainnya, termasuk ibu-ibu bekerja mengumpulkan material pasir dan bebatuan.

Puluhan warga turun ke sungai untuk mengambil pasir. Padahal jaraknya lumayan jauh, tak kurang dari 1,5 kilometer melewati tebing terjal.

“Lumayan jauh dari sungai ke jalan mengangkut pasir dan batu bergantian, sama ibu-ibunya juga pada turun semua,” jelas Ambo.

Dia menjelaskan gotong royong mulai dilakukan Berkat ide-ide Kapolsek Balusu  (Ipda Iqmal) pada gelar Jumat Curhat bersama masyarakat.

“Banyak yang men janji untuk memperbaiki, Sambil membuka topi, dia berkata botak mi kepalaku baru ada kapolsek yang tanpa berbicara atau men janji Alhamdulillah jembatan dan jalan kami sudah Baik.” Tegasnya.

Ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Kapolsek Balusu dimana berkat bantuannya masyarakat sudah bisa menggunakan jalan dan jembatan sebagai Akses satu-satunya menuju dusun tersebut.

“Terima kasih buat kapolsek yang sudah membantu masyarakat disini. Panjang umur’ki nak, Banyak Rezeki ta Amin,” doa Ambo La Hineng.

Saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp Pribadinya Selasa (5/3) Kapolsek Balusu Ipda Iqmal membenarkan perbaikan jalan dan jembatan berawal dari kegiatan Jumat curhat yang digelarnya bersama Danramil.

“Sekitar bulan Juni lalu, saya dan Danramil menggelar Jumat Curhat di Padumpu, banyak masyarakat yang ingin agar jalan dan jembatannya diperbaiki. Sehingga kita secara swadaya mengupayakan pengerjaan jalan dan jembatan gantung ini. Alhamdulillah masyarakat menyambut baik bahkan ikut menyumbang materi dan tenaga.” Jelas Kapolsek kepada matajurnalisnews.com

Tim Red
(Editor Muliana)