Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Polisi

Memasuki Musim Hujan, Kapolres Barru Imbau Warga Waspada Dampak Cuaca Buruk

23
×

Memasuki Musim Hujan, Kapolres Barru Imbau Warga Waspada Dampak Cuaca Buruk

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU –  Memasuki musim hujan, Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto, S.I.K mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Barru untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca buruk yang mungkin terjadi.

Kapolres meminta agar masyarakat khususnya nelayan untuk tidak melaut dan menghindari aktivitas di tepi pantai ketika cuaca sedang buruk. Jika sedang hujan, Kapolres mengimbau agar menghindari daerah terbuka dan tidak berteduh di bawah pohon untuk menghindari resiko terkena sambaran petir.

Untuk warga yang bermukim di wilayah rawan banjir, perwira menengah tersebut meminta warga untuk selalu memantau ketinggian air. Serta menyarankan warga untuk segera mengungsi sebelum level air memutus akses evakuasi.

“Warga harus segera diungsikan selagi ketinggian air masih memungkinkan untuk dilakukan evakuasi,” jelas Kapolres.

AKBP Dodik Susianto, S.I.K juga mengingatkan seluruh masyarakat agar menghindari perjalanan yang tidak penting, dan tidak mengunjungi wilayah rawan seperti daerah aliran sungai, pantai, hingga perbukitan yang rawan longsor.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa Polres Barru beserta seluruh jajaran selalu siap siaga menghadapi potensi bencana. Dengan mengedepankan fungsi SAR dari Satuan Samapta yang didukung oleh peralatan untuk melakukan evakuasi jika dibutuhkan.

Begitu halnya dengan bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak di tengah tengah masyarakat dan aktif melakukan deteksi dini terhadap potensi bencana alam yang mungkin terjadi.

“Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa selalu melakukan pemantauan terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi. Selain itu mereka juga menjadi ujung tombak dalam proses pertolongan dan evakuasi jika dibutuhkan,” imbuh Kapolres.

(*)