Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Rakor FKPD, Bupati Barru: Pemilu 2024 Merupakan Tanggung Jawab Bersama

15
×

Rakor FKPD, Bupati Barru: Pemilu 2024 Merupakan Tanggung Jawab Bersama

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan bertempat di Sandeq Ballroom Hotel Claro, Rabu (11/10/23).

Rakor ini dihadiri semua Muspida Provinsi dan Kabupaten se-Sulawesi Selatan guna menyatukan persepsi terkait kesiapan menghadapi Pemilu 2024.

Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si menyampaikan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 dengan tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Pelantikan DPR RI dan DPD RI tanggal 1 Oktober 2024, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 Oktober 2024, sementara pemilihan Kepala Daerah serentak dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Pj. Gubernur Sulawesi Selatan juga memaparkan daftar pemilih tetap (DPT) Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah penduduk 6.670.582, Laki-laki sebanyak 3.244.626 dan Perempuan sebanyak 3.425.956 yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota, 313 Kecamatan, 3.059 Desa/Kelurahan, dan 26.357 TPS.

“Tujuan Rakor Forkopimda se-Sulawesi Selatan ini yang dihadiri oleh Pemkab, TNI, Polri, dan Instansi terkait agar menyatukan persepsi, memantapkan sinergitas, sharing informasi, koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan bersinergi agar tercipta Pemilu 2024 yang kondusif, aman, damai, dan jujur,” jelasnya.

Ditengah sambutan Pj. Gubernur Sulsel memberikan atensi khusus kepada Bupati Barru untuk segera bergeser ke Barru guna mendampingi dan menerima kunjungan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 harus dibarengi dengan kesiapan dan kerjasama semua pihak yang terkait karena ini merupakan tanggung jawab bersama, terkhusus kepada pelaksana dan peserta pemilu dan paling penting dari partai politik.

“Dengan sinergitas seluruh elemen dan kolaborasi lintas sektor diantaranya penyelenggara negara yaitu TNI, Poiri, Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu dan Institusi/Lembaga yang terlibat lainnya akan menjadi kunci sukses terselenggaranya pesta demokrasi akbar ini,” ungkap Bupati Barru.

“Saya yakin besar sekali peran partai politik dalam rangka membantu kelancaran dan keamanan pemilu, untuk itu kita semua perlu menyatukan persepsi agar bagaimana memantapkan sinergitas dan dukungan semua pihak, kita pasti sepakat agar pemilu aman,” tutup Bupati Barru.

(Ramzi/Hms)