banner 728x250

Sah, Pengda PJI Sulsel Resmi Terbentuk

Dilihat - : 5361

MATA JURNALIS NEWS, MAKASSAR – Kepengurusan Pengda Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan telah resmi terbentuk dengan masa jabatan periode 2023 – 2028.

Kepengurusan Pengda PJI Sulsel yang digelar di Karebosi Kondotel Makassar ini langsung dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PJI Imam Prihadiyoko yang langsung terbang dari Jakarta ke Makassar

Ketua Panitia Kegiatan, Rubianti Sudikio dalam laporannya mengungkapkan kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja (Raker) Sabtu kemarin (30/9) merupakan ajang silaturahmi untuk membangun kolaborasi yang bermuara pada pers yang sehat.

“Sebelumnya kita telah melakukan pemilihan Ketua PJI Sulsel melalui Konfrensi Daerah (Konferda) berapa bulan yang. Dari dua kandidat, salah satu kandidat yaitu Syafril Rahmat terpilih sebagai ketua PJI SULSEL,” ucapnya,¬† saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp pribadinya,¬†senin,(2/10).

Ke depan Rubi berharap PJI mampu menjadi wadah pengembangan guna menciptakan kebebasan pers, terlebih saat ini mendekati tahapan pesta Pemilu 2024.

Ketua PJI Sulsel Periode 2023-2028, Syafril Rahmat dalam sambutannya beliau berharap PJI mampu menjadi mitra strategis dalam hal edukasi dan literasi tuturnya.

“Kami berharap ke depan bisa terus menjadi wadah profesionalisme bagi jurnalis,”harapnya.

Sementara Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko mengimbau para jurnalis terus bersinergi dengan berbagai lembaga dan instansi serta membangun kemandirian pungkasnya.

“Tadi disampaikan kondisi Demokrasi jurnalis menjadi bagian penting, tetapi lebih penting lagi awak media dan TNI-Polri olehnya itu perlu saling bersinergi,” pungkasnya

“Kemerdekaan pers juga terus di perjuangkan, namun yang terpenting saat ini bagaimana membangun kemandirian pers. Jurnalis memang merupakan sebuah profesi tetapi para jurnalis harus bisa mandiri,” ujarnya

Jacob Oetama misalnya, lanjutnya adalah seorang jurnalis profesional tetapi juga pengusaha yang sukses.

“Jurnalis itu panggilan, namun kita harus menjadi jurnalis yang mandiri dan profesional. kalau bisa kita berkolaborasi baik TNI-Polri. Contoh di Sumatra Selatan kami manfaatkan lahan nganggur,” tambahnya.

Sejalan dengan kegiatan ini mewakili PJ Gubernur Sulsel, H Abdul Malik Faisal mengungkapkan di era saat ini jurnalis memiliki peran penting dalam menjaga kredibilitas informasi dimana saat ini siapa saja bisa menyebarkan informasi.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Sub Bidang Hukum ini berharap PJI Sulsel mampu melahirkan program yang sejalan dengan program prioritas PJ Gubernur Sulawesi Selatan dalam waktu satu tahun ke depan ini ucapnya.

Pelantikan yang mengusung tema “Konsisten Merawat Kemerdekaan Pers” tersebut disaksikan langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, diwakili oleh Kolonel Inf Mangapul Hutajulu(Kapendam XIV/Hasanuddin), Dandim 1408 Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay, S.H., M.M., M.I.Pol., Ketua PWI Sulsel yang diwakili oleh wakil ketua bidang organisasi PWI Sulsel H. Andi. Manaf Rahman, Kabid Humas Polda Sul sel yang diwakili oleh AKP Sirajuddin bersama Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasi Humas Akp Wahid. Tutupnya.

(*)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif