Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Gowa

Kemenag Makassar Teken MoU dengan Lapas Narkotika Gowa

85
×

Kemenag Makassar Teken MoU dengan Lapas Narkotika Gowa

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, GOWA – Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) H. Irman S.Ag, M.Si menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Jumat (3/2/2023).

Kehadiran Kakankemenag ini dalam rangka menandatangani perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Sungguminasa. Kerjasama dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kepribadian warga binaan pemasyarakatan pada sektor pembinaan kepribadian.

Irman sangat menyambut baik adanya perjanjian kerjasama ini, hal ini merupakan bentuk sinergitas lintas sektoral. “Salah satu cara untuk dapat merubah kepribadian warga binaan adalah dengan metode pendekatan agama karena akan jauh lebih efektif untuk membentuk karakter menjadi lebih baik,” tuturnya sesaat setelah penandatanganan.

Andi Mohammad Syarif selaku kepala Lapas Narkotika menjelaskan bahwa dengan adanya pembinaan dari penyuluh Agama, setelah masa hukuman berakhir warga binaan sering membawa kejutan bagi keluarga.

Kejutan itu misalnya, bisa membawakan ceramah, khatam Al Qur’an, ada yang menjadi asessor bahkan bekerjasama dengan BNN. “Kalau secara keterampilan, mereka bisa berkreasi dalam hal pembuatan perabot rumah tangga,” imbuh Andi.

Setelah penandatanganan, Kalapas pun mengajak rombongan untuk berkeliling memantau kondisi Lapas. Ia mengajak Kakankemenag makassar untuk melihat hasil karya warga binaan seperti sofa, meja, kursi, kaligrafi dan masih banyak lagi yang berada pada workshop Giatja.

Penulis : Muhsin