Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Pertanian Berhasil Mendongkrak Sisi Perekonomian di Kabupaten Barru

24
×

Pertanian Berhasil Mendongkrak Sisi Perekonomian di Kabupaten Barru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU –Tudang sipulung atau Mappalili musim tanam 2022-2023 Se Kabupaten Barru dirangkaikan peresmian dan pemanfaatan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tanete Rilau oleh Bupati Barru di Kantor BPP Kecamatan Tanete Rilau,(28/11/2022) kemarin.

Sesuai dengan tradisi yang dilakukan masyarakat Bugis Kabupaten Barru secara umum sebelum turun sawah adalah melakukan tudang sipulung atau musyawarah mappalili.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tradisi masyarakat Barru. Selain itu untuk mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat atau petani di Kabupaten Barru.

Pada kesempatan itu juga Bupati Barru melakukan penandatanganan Kerjasama Tani antara Pemerintah Daerah dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pemberian penghargaan pada kelompok tani dan penyuluh berprestasi, penghargaan pada kelompok tani dengan hasil ubinan tertinggi dan penghargaan pada kelompok IP 300/IP 400 serta penyerahan obat-obatan dan desinfektan pada 7 Kecamatan.

Suardi Saleh mengatakan, sektor lain terdampak akibat pandemi justru sektor pertanian membantu Kabupaten Barru mendongkrak sisi perekonomian.

“Keberhasilan dalam mendongkrak sisi perekonomian dapat tercapai karena kerjasama semua pihak dan pentingnya menjaga komitmen bersama yang telah disepakati melalui Tudang Sipulung Mappalili, ” tegas Suardi Saleh.

Melalui tudang sipulung ini menjadi wadah mempertemukan para ahli dan menghasilkan rumusan yang baik.

(Indasari/HUMAS IKP Barru)