Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
MakassarPolisi

Forkopimda Bina Pelaku Kriminalitas Jalanan Lewat Batalyon 120, Makassar Dipastikan Aman

×

Forkopimda Bina Pelaku Kriminalitas Jalanan Lewat Batalyon 120, Makassar Dipastikan Aman

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR, — Warga kota Makassar dalam 2 hari ini dihebohkan dengan penangkapan 48 terduga pelaku kriminalitas yang tergabung dalam wadah Batalyon 120.

Dimana tujuan pembentukan Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut memang diciptakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) guna membina para pelaku kriminalitas jalanan agar dapat menjadi garda terdepan penciptaan keamanan dan kenyamanan dimasyarakat, (12/09/2022).

“Para pelaku kriminalitas jalanan, seperti pelaku balapan liar, pelaku perang kelompok dibina didalam wadah tersebut. Dikarenakan para pelaku masih berusia dibawah umur, olehnya itu Batalyon 120 sengaja diciptakan sebagai wadah rehabilitasi buat mereka.”kata Walikota Makassar. Dhany Pomanto.

Ia juga berharap, nantinya jadi garda terdepan penjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan ditengah masyarakat.

Di Batalyon 120, mereka ditempa dengan pendidikan Formil, dari pelajaran SD hingga SMA melalui program kejar paket A, B dan C. Walikota Makassar serta segenap unsur Forkopimda berharap agar nantinya para pelaku tersebut tidak terjun lagi kembali sebagai pelaku kriminalitas jalanan.

“Mereka disana diberi pendidikan, dari pelajaran Sekolah Dasar (SD sampai pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA). Kami selaku Forkopimda berharap agar nantinya mereka tidak terjun lagi menjadi pelaku kriminalitas jalanan, “lanjut Dhany Pomanto.

Barang bukti yang berhasil diamankan pada saat penggerebekan merupakan alat yang ada digudang Batalyon 120. Dimana alat mereka itu nantinya akan diserahkan ke Mapolrestabes Makassar untuk dimusnahkan.

“Alat mereka itu ditaruh digudang, karena nantinya akan diserahkan ke Mapolrestabes untuk dimusnahkan. Dan botol minuman keras itu juga botol kosong, sengaja dikumpulkan untuk dijual, “tambahnya.

Sementara itu Kapolrestabes Makassar. Kombes. Pol. Budi Haryanto S. Ik, MH. Mengatakan, dalam rangka menciptakan situasi Khamtibmas yang kondusif, Forkopimda memang membentuk Batalyon 120 untuk memberikan mereka edukasi, pemahaman, menempa para pelaku-pelaku kriminal dengan pendidikan formal dan keagamaan.

“Untuk menciptakan situasi Khamtibmas yang kondusif, kami bersama-sama di Forkopimda untuk membentuk suatu wadah agar mereka (pelaku kriminal jalanan) dapat diberi edukasi, pemahaman, pendidikan baik itu formal dan keagamaan. Dimana tujuannya agar mereka tidak kembali mengulangi perbuatan yang sama, “ucap KBP. Budi Haryanto S. Ik, MH.

Terkait dengan kondisi Khamtibmas, dirinya juga memastikan bahwa hingga hari ini masih aman dan diharapkan dengan adanya Batalyon 120, tindak kriminalitas akan terus menurun. Serta barang bukti hasil penggerebekan di Batalyon 120, nantinya akan dimusnahkan.

“Alhamdulillah, Puji Tuhan. Makassar kami pastikan masih aman, dan kami juga berharap agar kedepannya akan lebih aman lagi. Dimana dengan adanya Batalyon 120 tersebut, kelak akan menjadi sumber informasi akurat buat Forkopimda dalam rangka menciptakan situasi, kondisi Khamtibmas kondusif. Barang buktinya digudang, adalah hasil perekrutan dari anak-anak yang sudah sadar dan sudah tidak mau melakukan kejahatan lagi, tentu akan dimusnahkan, “tutup KBP. Budi Haryanto S. Ik, MH.

(Muhsin)