Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekobis

Pelabuhan Garongkong Jadi Target Pengembangan Pelabuhan PT. Pelindo, Ini Kata Bupati Barru

43
×

Pelabuhan Garongkong Jadi Target Pengembangan Pelabuhan PT. Pelindo, Ini Kata Bupati Barru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh,M.Si menerima kunjungan rombongan PT Pelindo di Rumah Jabatan Bupati Barru, Selasa, (8/3/2022).

Kedatangan Arif Direktur Utama PT Pelindo beserta Rombongan menyampaikan bahwa sejak 1 Oktober tidak ada lagi Pelindo 1-4 .

“Maksud kedatangan kami untuk bersilaturahmi dengan Bupati barru sembari menyampaikan bahwa sejak 1 Oktober 2021 tidak ada lagi Pelindo 1,2,3 sampai 4. Sekarang menjadi satu Yakni PT. PELINDO”, ujar Arif.

Ia juga mengatakan target dari PT. Pelindo adalah menjadikan perhatian khusus bagi kawasan Indonesia Timur dalam mengembangkan pelabuhan .

“Kami dari Pelindo, ada beberapa persyaratan dalam pengelohan pelabuhan, salah satu persyaratan Lokasi yang mempunyai pelabuhan yang dalam, dan pelabuhan garongkong sangat bersyarat karena memiliki kedalaman kurang lebih 23 meter dan lahan kurang lebih 3000 Hektar.”, jelasnya.

Kata dia Pihak PT Pelindo Ke Kabupaten Barru mencari lokasi yang menjadi tujuan utamanya.

“Garongkong salah satunya kalau melihat yang dipersyaratkan sangat strategis dan memiliki kedalaman laut terdalam di Indonesia”, tutupnya.

Rombongan tersebut diantaranya
Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono
Direktur Strategi PT Pelindo Prastiyo, Komisaris Pelindo Mukhtar Andi Lutfhi Mukti
Regional PT Pelindo Rahmat dan Kepala Pelindo Parepare.

Mengawali sambutannya Bupati Barru menyampaikan rasa bahagianya karena Kabupaten Barru ini semakin banyak yang meminati untuk berinvestasi. Dirinya menyambut baik hal itu termasuk PT Pelindo.

Dihadapan rombongan, Bupati Barru menjelaskan Kabupaten Barru berpenduduk 183,203 jiwa, terdiri 7 Kecamatan 40 Desa dan 15 Kelurahan.

“Kabupaten Barru memiliki panjang pantai 78 KM hampir sama dengan jalan provinsi dari perbatasan Pangkep dan Parepare”, jelas Bupati Suardi Saleh.

Lanjut Suardi Saleh, Daerah ini sangat strategis apalagi hadirnya pelabuhan Garongkong yang siap dijadikan Kewasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Untuk KEK ini, sudah dibebaskan 3000 hektar dan sudah ditetapkan menjadi kawasan industri. Lahan 3000 hektar ini tidak ada lagi aktivitas lain selain industri ,”sebutnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Kawasan pelabuhan Garongkong sudah rancang sejak 2009, Perda sudah siap, lahan sudah siap, tinggal kita diskusikan secara detail kepada pihak Pelindo untuk rancangan pengembangan.

Kehadiran rombongan ini, dindampingi Bupati dan rombongan Pemda melihat langsung lokasi perencanaan pengembangan di pelabuhan Garongkong dan Palie Desa Madello Kec. Balusu.

Turut hadir Sekretaris Daerah Dr. Abustan AB, M.Si, hadir Kepala Bappeda Umar SKM, Kepala DPMPTSP Syamsir, Kepala Bagian Perekonomian Muhaemin P, Kabag Adm, Pembangunan Andi Unru, Camat Barru Andi Hilmanida dan Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam.

(Indasari/Hms)