Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
News

Ditangan Suardi Saleh Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

2
×

Ditangan Suardi Saleh Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Plt Gubernur Sulsel didampingi Istri tercinta Hadir di Puncak Hari jadi Barru Ke-62 Tahun di Gedung DPRD Barru, Selasa (1/3).

Tidak hanya itu Gubernur Sulsel juga didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, DR. Hayat Gani serta Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syahruddin Alrif.

Kehadiran orang no satu di Sulsel itu membuat Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si menyampaikan beberapa keberhasilan pembangunan yang telah dicapai hingga saat ini.

“Potret pembangunan Kabupaten Barru, seperti halnya dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia juga diwarnai dengan dinamika dari tahun ke tahun,” ucapnya sembari dengan tenang menjelaskan beberapa item keberhasilan pembangunan dalam tempo setahun terakhir di tepat setahun kepemimpinannya sebagai Kepala Daerah untuk Periode Kedua.

 

Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai hingga saat ini terlihat pada berbagai indikator pembangunan daerah antara lain.

1) PDRB meningkat dari Rp 7,43 Trilyun pada tahun 2020 menjadi Rp 8,10 Trilyun pada tahun 2021;

2) Pendapatan per kapita yang semakin meningkat dari Rp.40,36 juta pada tahun 2020 menjadi Rp. 43,43 juta pada tahun 2021;

3) Pertumbuhan ekonomi meningkat dari 0,87 persen pada tahun 2020 menjadi 4,77 persen pada tahun 2021.

“Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi Sulawesi selatan yang bertumbuh secara negatif di tahun 2020,” Jelas Bupati Barru.

Ia juga mengatakan Indeks pembangunan manusia meningkat dari 71 pada tahun 2020 menjadi 71,13 pada tahun 2021 dan menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulawesi Selatan.

Pencapaian indikator pembangunan daerah tersebut di atas, menunjukkan bahwa pemerintah telah hadir bersama dengan seluruh unsur tatanan yang ada, bahu membahu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

“Capaian ini juga menjadi tantangan untuk kita kedepannya bagaimana mempertahankan dan bahkan mampu meningkatkan kinerja kita selama ini.” Tutup Bupati Barru.

(Indasari/Hms)