Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Tradisi Orang Barru “Mappatettong Bola” di Desa Lempang

×

Tradisi Orang Barru “Mappatettong Bola” di Desa Lempang

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Hidup di desa selalu mengajarkan kita tentang arti kekeluargaan dan kebersamaan. Interaksi sosial antar warga desa masih terjalin dengan baik. Seperti yang ada di Desa Lempang, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Dimana setiap ada warga desa atau tetangga yang mempunyai hajatan pasti saling membantu.

Hal tersebut juga terjadi ketika terdapat warga desa yang ingin membangun atau memperbaiki rumah. Istilah ini sering disebut dengan “sambatan”. 

Sambatan berasal dari kata “sambat” yang berarti meminta bantuan tenaga untuk mengerjakan sesuatu. Istilah sambatan menurut KBBI adalah pertolongan; bantuan. 

Munurut salah satu orang tertua di desa Lempang kegiatan ini (Gotong Royong) sudah menjadi tradisi turun temurun di pedesaan yang biasa dilakukan ketika ada warga sekitar yang membangun atau memperbaiki rumah. 

“Ini sudah menjadi tradisi kami di Kampung, jadi setiap ada yang ingin membangun rumah pasti kita saling membantu atau gotong royong, jadi bagian luar Ibu-ibu bagian masak,” Kata Ambo Tuo salah satu warga di desa Lempang. Rabu (12/1/2022).

Bahkan menurutnya tidak hanya membangun rumah akan tetapi setiap ada hajatan pasti kita bantu. 

“Jika terdapat salah satu warga yang ingin mendirikan atau memperbaiki rumah, pemilik rumah akan meminta bantuan kepada para tetangga dengan mendatangi langsung dari rumah ke rumah. Hal tersebut sebagai adab atau sopan santun sekaligus sebagai bentuk rasa menghormati tetangga yang dimintai bantuan.” Jelasnya. 

Proses pembongkaran dan pendirian rumah yang dilakukan secara gotong-royong oleh warga menunjukkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan, pekerjaan berat sekalipun jika dilakukan bersama-sama maka akan terasa ringan. 

Satu hal yang menjadi ciri khas utama sambatan adalah mereka tidak dibayar sama sekali, yang dilakukan warga hanyalah untuk menjaga kerukunan dan kepedulian sosial kepada tetangganya. Hal ini sudah menjadi tradisi dan warisan secara turun temurun di desa Lempang.

(Indasari)