Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Sosial

Legislator Senayan Hasnah Syam Gandeng Kemenkes Sosialisasi Program Indonesia Sehat

12
×

Legislator Senayan Hasnah Syam Gandeng Kemenkes Sosialisasi Program Indonesia Sehat

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem drg. Hj. Hasnah Syam MARS., bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI., menggelar kegiatan sosialisasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 (Germas), di Baruga Singkerru Adae, Rumah Jabatan Bupati Barru, Kamis (22/07/2021).

Kegiatan sosialisasi yang dibuka secara langsung oleh Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh dan dihadiri oleh kepala pusat data dan informasi Kemenkes Anas Ma’ruf ini, adalah merupakan program kerjasama Komisi IX dan Kementerian Kesehatan sebagai Mitra Kerja.

Dalam sambutannya dihadapan para Pengurus PKK kabupaten dan kecamatan sebagai peserta sosialisasi, Hasnah syam yang juga Ketua TP PKK Barru mengatakan, ada 9 Kabupaten dalam Dapilnya sebagai anggota DPR RI, termasuk Barru. Sosialisasi hari ini merupakan program dengan mitra di Komisi IX.

“Terima kasih kepada Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten Barru dan perwakilan dari Kemenkes yang hadir dalam acara ini, yang selalu mendukung kegiatan sosialisasi Germas di masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Barru,” ungkap Hasnah yang juga istri dari Bupati Suardi Saleh.

Mantan Kadis Kesehatan Barru ini mengungkapkan bahwa salah satu program Pemerintah pusat dalam percepatan penanganan Covid-19 adalah program vaksinasi. Sejalan dengan hal itu, TP PKK Barru gencar melakukan sosialisasi vaksinasi bagi masyarakat hingga kepelosok pelosok desa yang ada di Kabupaten Barru.

Menurutnya, PKK Kabupaten Barru sangat aktif terjun langsung ke masyarakat melakukan sosialisasi terkait vaksinasi. Namun saat ini kita terkendala ketersediaan vaksin. Oleh karena itu, diharapkan kepada perwakilan Kemenkes yang hadir pada saat ini, untuk bagaimana mengusahakan ketersediaan vaksin di Barru.

“Seperti yang dapat kita lihat sendiri semangat dan antusiasme masyarakat Barru untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Kita tidak ingin semangat masyarakat menjadi kendor untuk di vaksin, karena kurangnya persediaan vaksin,” harap Hasnah Syam yang didamping Kadis Kesehatan Barru dr. Amis Rifai.

Sementara itu, Bupati Barru saat membuka sosialisasi mengurai bahwa,
jauh sebelum Covid-19 Germas ini terus digelorakan di Kabupaten Barru, sebagai salah satu program pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Bupati dua periode ini, beberapa pekan sebelumnya, Barru sempat Zero dari kasus Covid-19. Namun sekarang berada di zona orange. Masyarakat diharapkan agar tetap waspada terhadap penularan covid-19.

“Mari lindungi diri, keluarga dan orang lain dengan terus mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Suardi Saleh.

Suardi Saleh menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di RSUD Barru, pihaknya telah meminta kepada Direktur RSUD untuk menambah ruangan perawatan pasien Covid-19. Selain itu, penyediaan sarana dan prasarana juga harus diperhatikan oleh RSUD Barru.

“Kita sudah siapkan tempat isolasi positif Covid-19 yaitu di Bola Sobae dan Bola Pitue. Kita pun sudah sosialisasikan pentingnya aksin, jangan sampai vaksin tak tersedia atau kesiapan pelayanan kita tidak baik sehingga semangat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi menurun,” pungkasnya.

 (Red)