Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemimpin Amanah, SS-AK Pandu Forum Perangkat Daerah

×

Pemimpin Amanah, SS-AK Pandu Forum Perangkat Daerah

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si di pembukaan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Kab.Barru Tahun 2021-2026, Kamis (6/5/2021).

Dalam penyusunan itu, Bupati Barru menyampaikan Filosufi “Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”.

Kepala Daerah yang menakhodai Kabupaten Barru setelah menduduki jabatan Kepala Bappeda di salah satu Kabupaten di Sulsel ini, dengan narasi yang kompleks dan berisi, mengkhatamkan maksud, tujuan, dan manfaat Rencana Strategis Perangkat Daerah.

“Dengan adanya forum ini,diharapkan
program dan kegiatan Renstra Perangkat
Daerah dalam 5 (lima) tahun mendatang
dapat lebih terarah sesuai dengan target
kinerja yang telah di tetapkan. Untuk
itu, diperlukan komitmen dan konsisten
dalam mensinergikan program/kegiatan
dari pemerintah pusat, provinsi dan
kabupaten,” Urai Bupati Suardi Saleh dihadapan semua elemen Pemerintah Daerah yang ia Pimpin.

Dirinya mendaraskan bahwa pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah dalam membahas rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah harus memperhatikan Rancangan awal RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021-2026.

“Keberhasilan proses pembangunan yang dilaksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya, Saya berharap melalui forum ini kita bisa mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif, dalam rangka
penyempurnaan,” paparnya di forum.yang juga diikuti oleh perwakilan DPRD Barru, unsur aktivis LSM, perwakilan insan pers, dan beberapa stakeholder penting lainnya.

Kegiatan yang diikuti dengan pemaparan setiap Kepala Perangkat Daerah di Barru ini, berjalan dengan baik dan tuntas, khususnya dalam mengsinkronkan komitmen publik yang pernah disampaikan pada Janji Politik di Kampanye Pilkada lalu.

“Perhatikan untuk mendukung dan memastikan prioritas pelayanan dasar yang disingkronkan dengan Visi Misi yang telah dikomitmenkan di publik,” tambah Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe SH, yang turut menyampaikan arahan bersama Sekretaris Daerah Barru Dr. Ir. Abustan M.Si dan Plt. Kepala Bappeda Umar Sinampe, S.KM, M.Kes.

Berikut, Empat poin yang menjadi pencermatan dalam perencanaan strategis Perangkat Daerah di era Kepemimpinan SS-AK ini,

1. Renstra PD disusun untuk
menjabarkan dan menterjemahkan
Visi, Misi dan Program Unggulan
RPJMD sesuai tugas dan fungsi
utama setiap perangkat daerah;

2. Merumuskan strategi dan arah secara komprehensif didukung data dan dianalisa yang baik serta benar, dengan memperhatikan keterpaduan dengan perangkat daerah yang lain;

3. Mengambil peran dalam indikator kinerja utama daerah dan dijabarkan secara terukur, dapat dicapai dan relevan;

4. Penentuan pagu dilakukan
secara proporsional, efektif, efisien
dan akuntabel.

(Hms)