Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Didampingi Staf Ahli, Aska Mappe Ikuti Munas Apkasi ke V Secara Virtual

×

Didampingi Staf Ahli, Aska Mappe Ikuti Munas Apkasi ke V Secara Virtual

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Secara Virtual Wakil Bupati Barru, Aska Mappe mengikuti Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Munas Apkasi) ke V di Hotel Indonesia Kempinski, Jumat (26/3).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

Sementara Dari Barru Smart Information Centre (Basic) Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe ikut menjadi peserta Munas Apkasi Ke V secara virtual.

Dalam kegiatan tersebut Aska Mappe didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Andi Jalil Mappiare dan dari Bagian Pemerintahan Imran Iskandar.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Apkasi, karena telah membantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Karena pandemi Covid-19 belum berkahir Presiden Jokowi tetap meminta Pemerintah daerah tetap harus selalu hati -hati waspada dan jangn lengah.

Jokowi mengharapkan, program strategis di Kabupaten senantiasa dikawal dan prioritaskan melalui konsolidasi anggaran dan rancangan APBD betul-betul sesuai tujuan untuk kesehjateraan rakyat

“Jangan asal memberi tanpa skala prioritas. Konsentrasikan ke hal yang sangat cocok untuk kebutuhan rakyat. Buka pasar dan Jalan -jalan kabupaten mulus kalau bisa berikan 40 persen. Bupati jangan membelanjakan di pos belanja tanpa menghasilkan produk lain misalnya program yang bisa mensejahterakan rakyat,” kata Jokowidodo.

Sementara itu, Ketua Apkasi seluruh Indonesia Abdullah Aswar Anas mengatakan bahwa, pada hari ini Apkasi menyelenggarakan Munas ke V yang seharusnya berlangsung pada tahun 2020. Namun karena kondisi Pandemi Covid 19 dan Pilkada serentak 2020 sehingga baru dilaksanakan.

Lanjut Aswar mengurai, kegiatan Apkasi telah didahului Pra Munas dengan agenda kebijakan Refocusing Anggaran pemerintah daerah (Pemda) sehingga APBD menjadi instrumen untuk menjalankan kebijakan dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden karena telah mendorong Pemulihan ekonomi nasional sehingga Apkasi berkomitmen mengawal pemilihan ekonomi dimasa pandemi Covid 19 dengan kolaborasi Pemerintah Pusat hingga daerah. Dan keterlibatan pengusaha serta swasta,” tutur Aswar yang juga selaku Bupati Kabupaten Bayuwangi.

Azwar Anas menambahkan kegiatan Munas V Apkasi 2021 mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid – 19 .

(*/Lilis)