Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

BAZNAS dan Dinas Pendidikan Barru “Kolaborasi” Maksimalkan Program Infak Siswa

29
×

BAZNAS dan Dinas Pendidikan Barru “Kolaborasi” Maksimalkan Program Infak Siswa

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Mengawali jabatan baru sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Barru, Ir. Abustan menghadiri acara Optimalisasi Penghimpunan Infaq dan Sedekah yang di laksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kab. Barru Kerjasama Dinas Pendidikan yang digelar di Islamic Center, Kamis (18/02/2021).

Kegitatan itu diikuti oleh para Kepala Sekolah SD/SLTP/Pengawas dan Komite se Kabupaten Barru.

Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS Kabupaten Barru melakukan giat ini dengan tujuan mengoptimalkan potensi-potensi dana umat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menggelar Sosialisasi pengumpulan Zakat Infak dan Sedekah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan terkait Program Infak Siswa.

Drs H Amrullah Mamma sebagai Wakil Ketua Bidang Penerimaan Zakat dan Sedekah menuturkan bahwa dalam upaya mengoptimalkan perhimpunan infak dan sadakah kita perlu kembangkan jenis bentuk dan penerimaannya.

 

 

“Sebagai bentuk optimalisasi kita lakukan kerja sama Dinas Pendidikan Kab. Barru untuk melakukan program Sekolah Infak dan Sadakah (SIS) sesuai amanah peraturan daerah nomor 09 tahun 2017 pasal 14 ayat 1” pungkasnya.

Program infak siswa ini sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu, namun belum optimal dan melalui kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hari ini antara BAZNAS Barru dan Dinas Pendidikan diharapkan akan menjadi langkah yang kuat untuk memaksimalkan program Infak Siswa tersebut.

Kadis Pendidikan Kab. Barru A. Adnan Azis mengatakan bahwa program ini kita canangkan dengan harapan membangun karakter siswa dan mengajarkan sifat kedermawanan.

“Diharapkan kebiasaan berinfak anak-anak sekolah ini mampu membentuk karakter keislaman yang kuat kepada para siswa dan juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama”, jelasnya.

Sementara itu, Plh. Bupati Barru Ir. Abustan mengapresiasi program ini. Menurutnya efektifitas dari program ini adalah ketika diawali oleh gurunya baru kemudian diikuti oleh siswa.

“Program ini bisa dikemas dalam bentuk SIS (Sekolah Infak Sedekah) dan menjadikan para guru-guru menjadi pelopor untuk pelaksanaan program ini. Program infak ini akan membiasakan siswa untuk tolong-menolong”, katanya.

Turut hadir Prof. Dr. Ag. H. M. Faried Wadjedy, MA (Ketua Baznas Kab. Barru), Kadis Pendidikan A. Adnan Azis dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Barru Dr. H. Jamaluddin

(Ira)