Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Makassar

Peduli HAM, Pemkab Barru Kembali Raih Penghargaan

×

Peduli HAM, Pemkab Barru Kembali Raih Penghargaan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat menyerahkan penghargaan Peduli HAM ke Bupati Barru Suardi Saleh

Mata Jurnalis News, MAKASSAR – Pemerintah  Daerah (Pemda) Kabupaten Barru kembali memperoleh penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Dimana tentu kita ketahui 10 Desember 2020, merupakan hari HAM sedunia.

Di Hari HAM ini juga, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh kembali menerima penghargaan kategori Kabupaten/Kota Peduli HAM yang digelar di Claro Hotel Makassar (14/13). Dengan tema “Recover Better” atau ‘Pulih Lebih Baik’.

Hari HAM Sedunia kali ini diharapkan mampu memastikan segala hal dapat pulih kembali dan hak asasi manusia juga menjadi inti dari upaya pemulihan.

perlu kita ketahui Kementrian hukum dan HAM memiliki Parameter penilaian tersendiri, diantaranya penilaian terhadap hak atas kesehatan, pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Dengan parameter penilaian itu sehingga Kabupaten Barru berhasil meraih penghargaan tersebut.” ujur Suardi Saleh.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah bersama Bupati Barru Suardi Saleh

Dari data yang diperoleh Penerima Penghargaan Kategori Kabupaten/Kota Peduli HAM diterima oleh 14 Kabupaten/Kota Se Propinsi Sulsel, diantaranya:
1. Kota Makassar
2. Parepare
3. Bone
4. Barru
5. Luwu Timur
6. Luwu Utara
7. Soppeng
8. Pinrang
9. Sidrap
10. Palopo
11. Maros
12. Toraja Utara
13. Sinjai
14. Bantaeng.

Gubernur Sulawesi Selatan sesaat setelah menyerahkan langsung Piagam Penghargaan menuturkan bahwa hari ini adalah momentum yang sangat tepat untuk mengevaluasi kembali hak-hak dasar masyarakat kita.

” Terima kasih kepada Kabupaten/Kota yang telah berhasil mewujudkan Kabupaten/Kota peduli HAM. Saya berharap dengan adanya prestasi ini kita lebih meningkatkan perhatian kita kepada hak-hak dasar masyarakat” pungkas Nurdin Abdullah.

Selain itu Nurdin Abdullah juga mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan apalagi pasca pilkada kemarin jangan sampai muncul klaster baru yaitu klaster pilkada.

“Tetap lalukan Tracking, jangan kendor untuk melakukan 3M, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Mengenakan Masker” tutup Gubernur Sulsel.

(Indasari)