Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
News

Orang Tua Siswa Keluhkan, Sulit Dapatkan Surat Aktifasi PIP Dari Sekolah, Ada Apa?

×

Orang Tua Siswa Keluhkan, Sulit Dapatkan Surat Aktifasi PIP Dari Sekolah, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
PTD SMP Negeri 2 Barru Jalan AsokaNo. 1 Kecamatan Barru, Prrovinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Beberapa orang tua siswa keluhkan akibat sulitnya mendapatkan surat aktifasi (Identitas peserta didik) penerimaan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Dari Sekolah.

“Katanya anakku tidak mau kasi surat (surat Aktifasi) pak, katanya belum ada petunjuk dari dinas pendidikan,” keluh Nur Asia salah satu orang tua penerima PIP, Rabu (25/9/24).

Lanjut, katanya semua bantuan PIP itu harus dikeluarkan oleh dinas sehingga tidak diberikan rekomendasi jika belum ada arahan.

Hal serupa juga dikatakan salah satu orang tua siswa dari SDN 15 lembae tidak mau dikasi karena belum ada arahan dari dinas pendidikan.

“Tidak mau dikasi katanya tidak ada arahan dari dinas, rata-rata semua kepala sekolah tidak mau, sedangkan BRI juga tidak mau kalau tidak ada surat dari kepala sekolah,” jelas Nur Cahaya.

Tidak sampai disitu Karna salah satu orang siswa dari SDN 4 Batu Bessi juga menegaskan pihak sekolah tidak mau kasi.

“Tidak mau sekali kasi’ki, katanya takut dipecat, sayangnya itu kalau tidak didapat beasiswa,” paparnya.

Sedangkan salah satu Kepala sekolah UPTD SMP Negeri 2 Barru mengatakan surat aktifasi belum bisa kami keluarkan tanpa ada perintah dari dinas pendidikan Kabupaten Barru.

“Bukan kami tidak mau, akan tetapi kami belum dapat perintah dari dinas,” jelas Zaenuddin.

Lanjut Zaenuddin, Biasanya ada arahan dari dinas pendidikan, bahwa akan ada Beasiswa yang disalurkan di Kabupaten Barru.

“Tidak berani kita mau melanggar kalau tidak ada perintah atasan, karena otomatis kami ditegur,” jelas Kepsek.

Dari data yang kami peroleh penerimaan beasiswa yang disalurkan di Kabupaten Barru dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (R.I) melalui Jalur Aspirasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru A. Adnan Asiz Saat dikonfirmasi lewat WhatsApp pribadinya belum memberikan tanggapan.

Bahkan saat hendak ditemui di Kantor Dinas Pendidikan kabupaten Barru juga tidak ada ditempat.

“Tidak ada mobilnya, lagi keluar Ki,” Jawab salah satu staf.

Diketahui bahwa Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan Salah satu Program Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (R.I) yang disalurkan di Kabupaten Barru dimana dapat disalurkan melalui Dinas Pendidikan, Ormas dan lembaga lain.

Penyampaian WhatsApp diduga dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru terkait bantuan Beasiswa PIP