Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Olahraga

HGN 2023, Bupati Suardi Saleh Jalan Sehat Bersama 2400 Guru

13
×

HGN 2023, Bupati Suardi Saleh Jalan Sehat Bersama 2400 Guru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si melepas dan mengikitu jalan sehat Hari Guru Nasional 2023 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Barru, Sabtu (16/12/2023).

Jalan sehat yang mengambil titik star di halaman Kantor Bupati Barru dan finish di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kab. Barru, Bupati Barru bersama sekitar 2400-an Guru dan Tenaga Pendidik dengan penuh semangat mengikuti jalan sehat tersebut.

Saat melepas peserta jalan sehat, Bupati Suardi Saleh mengapresiasi pelaksanaan jalan santai yang merupakan bagian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2023.

“Luar biasa perhatian Pak Kadis Pendidikan, jalan sehat ini betul-betul terasa nuansanya dari Guru oleh Guru untuk Guru, Semua berbaur jadi satu,” ucap Bupati Barru.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suardi Saleh menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Barru sangat memperhatikan sektor pendidikan dan hal ini bisa dilihat dari struktur APBD pada tahun 2023.

“Dalam APBD 2023, Pemerintah Kab. Barru mengalokasikan anggaran 35,8% untuk sektor pendidikan dan 15 % untuk sektor kesehatan. Hal ini merupakan upaya dan perhatian Pemerintah dalam membangun sumber daya manusia di Kabupaten Barru,” tandas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Barru mengatakan bahwa untuk mengetahui program prioritas suatu daerah terhadap satu sektor adalah dengan melihat APBD nya.

Dikatakan, sesuai undang-undang bahwa APBD, APBN minimal mengalokasikan anggaran 20% untuk sektor pendidikan dan sektor kesehatan 15%.

Bupati Barru mengingatkan dengan proporsi anggaran ini, tertunya harus diikuti dengan tanggung jawab. Jangan sampai tidak terjadi keseimbangan antara besarnya alokasi anggaran dengan output apalagi outcome.

“Dengan anggaran ini, kita harap gurunya hebat kemudian dari guru yang hebat akan melahirkan siswa-siswa yang cerdas dan berprestasi,” tutup Bupati.

Usai jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan pengundian doorprize dan hadiah utama. Dari hasil undian, Hj. Munirah, S.Pd. MM, Kepala UPT SDN 91 Barru mendapatkan hadiah undian umroh.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan seluruh rangkaian kegiatan jalan sehat berjalan sukses dan lancar. Hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh Bapak Bupati Barru dan kerja sama semua pemangku kepentingan,” ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Barru A. Adnan Azis.

(Ramzi/Hms)

Editor Aisyah