Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Gelar FGD Penyusunan Arsitektur dan SPBE, Ini Harapan Bupati Barru

30
×

Gelar FGD Penyusunan Arsitektur dan SPBE, Ini Harapan Bupati Barru

Sebarkan artikel ini

MATA JURNALIS NEWS, BARRU  – Pemerintah Kabupaten Barru menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Barru yang bertempat di MPP Lantai 6, Kamis(21/09/2023).

FGD ini diselenggarakan dalam rangka Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE Nasional.

Acara ini menghadirkan Narasumber dari PT Waditra Reka Cipta Bandung Bapak Agus Widodo, S.Kom, MT sebagai Konsultan Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain masyarakat, Pelaku usaha, Aparatur sipil negara, dan Instansi pemerintah saat ini semuanya tidak bisa terlepas dari yang namanya TIK. Pemanfaatan TIK dilingkungan pemerintah saat ini dinamakan SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dukungan teknologi informasi dan komunikasi akan memberikan kontribusi terhadap efektifitas dan efisiensi dalam suatu layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik.

Bupati Suardi Saleh juga menyampaikan bahwa hasil evaluasi SPBE Tahun 2021 yang dilakukan oleh Kementrian PANRB, indeks SPBE Kab. Barru adalah “2,06” atau masuk kedalam kategori “cukup”. Hal ini menunjukkan tantangan yang masih cukup besar untuk mengejar ketertinggalan dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi (SPBE) di Lingkungan Pemerintah Kab. Barru.

“Untuk itu saya berharap dan menegaskan kepada seluruh OPD sebagai produsen data agar secara aktif dan continue menyampaikan data ke Diskominfo-SP sebagai wali data melalui aplikasi “Bolata Yassiberrui”, Tambahnya.

Melalui kegiatan FGD Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE ini diharapkan mendapatkan panduan yang cukup dalam membangun SPBE.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, Saya berharap agar peserta yang hadir disini para Pimpinan setiap OPD dan yang hadir secara online merupakan tim yang bertanggungjawab dalam penerapan SPBE di OPD masing-masing dan dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, Serta berkomitmen dalam upaya percepatan implementasi SPBE yang terpadu”, Tutup Suardi Saleh.

(Ramzi/Hms)