Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kab. Barru

Wajib Diikuti, Bupati Barru Titip Harapan Bagi Seluruh Calon CPNS 2021

24
×

Wajib Diikuti, Bupati Barru Titip Harapan Bagi Seluruh Calon CPNS 2021

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, BARRU – Latihan Dasar (Latsar) merupakan kewajlban setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama menjalani masa percobaan.

Dalam hal ini Bupati Barru H. Suardi Saleh mengatakan pelatihan ini wajib di ikuti oleh seluruh calon CPNS.

“Pelatihan dasar merupakan sebuah proses yang mau tidak mau, suka atau tidak suka harus diikuti oleh setiap CPNS sebagai salah salah satu persyaratan untuk diangkat menjadi PNS”, ujar Suardi Saleh pada Pelepasan Latsar CPNS di lantai VI Menara MPP, Senin (1/11).

Lanjut Suardi Saleh,  pelatihan Dasar CPNS merupakan salah salah satu upaya pemerintah untuk membekali setiap CPNS yang terkait dengan pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, etika PNS.

Disamping itu, lanjut bupati, juga dibekali pengerahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan dan budaya organisasi sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelaksana pelayanan publik dan pemersatu bangsa.

“Terkait dengan upaya untuk membentuk sosok PNS, maka Pemkab Barru sangat menyadari akan pentingnya penyiapan CPNS agar memiliki kompetensi dan karakter yang dipersyaratkan sebelum diangkat menjadi PNS”, terangnya.

Bupati Barru dua priode itu berharap kegiatan Latsar dapat menjadi momentum untuk membangun jejaring kerja antar sesama peserta sehingga konsep “whole of government” atau kesatuan pengelolaan pemerintahan dapat terbangun sejak dini.

“Saya berharap kepada CPNS untuk terus berinovasi dan berkreasi terutama dalam pelaksanaan pelayanan publik pada satuan kerja masing-masing”, tutup bupati Barru.

Sementara, Kepala Puslatbang dan KMP LAN Makassar, Dr. A. Taufik. M. Si mengingatkan, setiap CPNS hanya dapat mengikuti pelatihan dasar CPNS satu kali. Pelatihan dasar CPNS tersebut, disusun untuk memenuhi kebutuhan pembentukan kompetensi CPNS sebagai pelayan masyarakat yang berkarakter dan profesional.

“Menjadi PNS atau ASN tidak terbatas pada pelatihan ini saja. Silahkan terus meningkatkan kompetensi sebagai ASN yang profesional. Kejadian penting diliar sana terus diantisipasi dan mari membangun negara ini secara utuh dengan mengaplikasikan nilai nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi). ” harap dia.

(Indasari/Hms)