Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Terukur dan Transparan, Diskominsta Barru Gelar Pelatihan Satu Data

24
×

Terukur dan Transparan, Diskominsta Barru Gelar Pelatihan Satu Data

Sebarkan artikel ini

Mata Jurnalis News, MAKASSAR – Guna untuk memodernisasi layanan, agar lebih efektif dan efisien serta konsistensi pada ketaatan asas umum pemerintahan yang baik, Gelora Pemda Barru terus ditingkatkan.

Setelah awal pekan ini, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si menghimpun Pejabat yang menjadi Verifikator dan Admin Data Statistik untuk pahami aplikasi “Satu Data”, untuk perencanaan mengelektronikkan tanda tangan pejabat di administrasi layanan publik dengan melaksanakan Pelatihan yang digelar di Makassar, Rabu (17/3/2021).

“Sesuai kebijakan tata kelola data pemerintah, untuk hasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi, Pusat maupun daerah,” Ucap Bupati Barru Suardi Saleh saat membuka pelatihan kemarin.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, akan mengumpulkan, mengolah, serta mengimput data, baik dalam bentuk statistik maupun naratif.

“Alhamdulillah, kita sudah punya Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2020 kemarin, yang mengatur tentang Satu Data Terpadu Daerah, semoga ini menjadi bagian dari upaya kita, untuk mengakselerasi kemajuan Daerah secara terukur dan transparan,” Ucap Kepala Daerah yang telah tiga pekan, dilantik kembali memimpin Barru untuk periode keduanya.

Lanjut, Bahwa hal ini merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Melalui Satu Data Indonesia, atau SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia (data.go.id).

Portal Satu Data Indonesia merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang dikelola oleh Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas.

“Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan sinergikan kinerja, dan kami berupaya penuh untuk dapat memenuhi ketentuan dalam Peraturan Bupati, demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas sesuai arahan Bapak Bupati,” Ucap Syamsuddin S.IP, M.Si selaku Leading Sektor Penyelenggara kegiatan ini.

Kepala Diskominsta Barru ini menyebutkan, bahwa diharapkan setiap data yang berasal dari masing-masing OPD sebagai Produsen Data, dikumpulkan ke Diskominsta Barru selaku Wali Data, untuk selanjutnya disimpan dalam Big Data. Nantinya, Data ini dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik.

Bintek yang diselenggarakan ini, juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan, sehingga data yang dikelola dan dishare ke publik, tidak mengandung informasi yang memuat rahasia negara, rahasia pribadi, atau hal lain sejenisnya sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

(*/Ramzi)