Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
EkobisMakassar

Gelar Pelatihan Budidaya Itik Petelur, Warga: Ini sangat Membantu Kreatifitas Kami Para Peternak Itik

29
×

Gelar Pelatihan Budidaya Itik Petelur, Warga: Ini sangat Membantu Kreatifitas Kami Para Peternak Itik

Sebarkan artikel ini
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bersama salah satu warga peternak Itik

Mata Jurnalis News, MAKASSAR – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi UNISMUH Makassar, menggelar pelatihan budidaya itik petelur di Desa Bontomanai Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan Kamis (05/11 sekira pukul 10.45 WITA.

Kegiatan ini diikuti oleh para peternak itik di desa setempat, mereka menyambut baik kedatangan tim PKM. Menurut daeng Lipung, salah satu warga yang mengikuti pelatihan, ini sangat membantu kami para peternak itik agar mampu meningkatkan pendapatan dari usaha budidaya itik petelur.

“Selama ini begini-begini ji caranya kami beternak itik, masih kadang bingung di mana kami mau pasarkan kalau banyak telur.” Tutur Daeng Lipung.

Lanjut lipung, pelatihan ini mampu menambah kreativitas kami para peternak. Kami mendapat begitu banyak pelajaran berharga, salah satu di antaranya adalah mengolah telur itik menjadi telur asin.

Ditempat yang sama, Ketua PKM Anisa, yang didampingi empat anggotanya Nurul Magfirah, Rahmatia Thahir, Ernawati, Nurdiyanti, mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebatas menjalankan program kerja. Namun, betul atas dasar rasa peduli untuk meningkatkan taraf hidup khususnya para peternak itik.

“Kami melihat ada masa depan yang cerah apabila budidaya itik petelur digalakkan. Harapan kami tentunya, setelah pelatihan ini, masyarakat mampu mengaplikasikan arahan-arahan yang telah kami berikan.” Kata Anisa.

Kami mempunyai niat untuk membantu masyarakat di desa ini untuk memanfaatkan lahan pekarangan mitra yang kurang produktif dan mengedukasi masyarakat mengenai budidaya itik dengan sistem yang kami berikan, tambahnya.

Ia juga menjelaskan berbagai gendala gendala yang dihadapi para mitra dalam sistem pemeliharaan itik yang baik dan benar.

“Masalah yang kadang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman mengenai sistem pemeliharaan itik yang baik agar menghasilkan telur yang maksimal, pengolahan telur itik untuk meningkatkan nilai jualnya, dan manajemen produksi.” tutup Anisa.

(Muhsin)