Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
News

Surat Aktifasi PIP Tidak Diberikan, LSM Perak Minta Tindak Tegas Oknum Kepsek

×

Surat Aktifasi PIP Tidak Diberikan, LSM Perak Minta Tindak Tegas Oknum Kepsek

Sebarkan artikel ini
Koordinator Divisi Hukum dan Pelaporan Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Rakyat (LSM PERAK) Burhan Salewangan, S.H

MATA JURNALIS NEWS, SULSEL – Penyaluran Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang tersebar di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menjadi keluhan Masyarakat.

Kondisi ini membuat sebagian orang tua merasa frustrasi dan malas melanjutkan proses pengurusan beasiswa.

“Sudah capek saya urus ini beasiswa, sudah capek bolak-balik rumah. Apalagi kepala sekolah tidak mau tanda tangan (surat aktivasi),” keluh salah satu orang tua penerima beasiswa PIP.

Program Beasiswa PIP yang digagas oleh H. Aras ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) tertanggal 13 Agustus 2024, yang ditandatangani oleh Adhika Ganendra, Kuasa Pengguna Anggaran Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud Ristek RI.

Data menunjukkan bahwa sebanyak 7.146 siswa SD di Kabupaten Barru berhak menerima beasiswa ini, namun baru 488 siswa yang sudah mendapatkan surat aktivasi dari kepala sekolah masing-masing.

Kondisi tersebut memicu reaksi keras dari Koordinator Divisi Hukum dan Pelaporan LSM PERAK, Burhan Salewangan.

Burhan mengecam tindakan kepala sekolah yang dinilai mempersulit penyaluran beasiswa ini.

“Pihak kepala sekolah harus jelas juga memberikan alasan, kenapa surat aktivasi tersebut tidak diberikan kepada siswanya untuk menerima PIP,” tegas Burhan.

Ia juga mendesak pihak terkait untuk mengambil tindakan tegas.

“Pihak kepala sekolah harus jelas juga memberikan alasan, kenapa surat aktifasi tersebut tidak berikan kepada siswanya untuk menerima PIP,” kata pria yang juga berprofesi sebagai Pengacara ini, Minggu (13/10/24).

Lanjut Dia katakan, seharusnya ada surat yang dibuat dari pihak sekolah terkait dan disampaikan ke publik terkait penolakan tersebut.

“Maka dari itu jika kepala dinas (Kadis) Pendidikan setempat tidak bisa mengatasi hal tersebut, kami minta Bupati Barru (Suardi Saleh) dan aparat kepolisian tindak tegas oknum kepsek tersebut,” pintanya.

Dari data yang kami peroleh Penerima PIP untuk tingkat SD capai 7.146 siswa/siswi dari berbagai sekolah SD di Kabupaten Barru.

Sementara rekening baru yang telah mendapatkan surat aktifasi dari kepala sekolah yaitu untuk tingkat SD capai 488.

Namun, ada juga sekolah yang telah menyalurkan beasiswa PIP. Salah satu kepala sekolah, Aminah, mengungkapkan bahwa seluruh siswa di sekolahnya sudah menerima beasiswa PIP.

“Terkait masalah Beasiswa PIP, Alhamdulillah untuk siswa kami semuanya sudah menerima, Jadi ada 26 siswa kami yang menerima kecuali orang tuanya PNS (Pegang Negeri Sipil).” Paparnya.

Lanjut ia katakan, tentunya dengan adanya bantuan Program PIP tentunya sangat membantu, apalagi siswa kami tidak banyak.

“Senang sekali kasihan kalau ada bantuan seperti itu, apalagi banyak orang tua siswa kami keseharian hanya bertani dan berkebun.” Tutup Aminah

Dari data yang kami peroleh penerimaan beasiswa PIP tersebar di Kabupaten Barru Tingkat SD sebanyak 173 Sekolah.

Sekolah yang belum memberikan surat Aktifasi sebanyak 166 Sedangkan yang sudah sebanyak 7 .